Sukses

Prabowo Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan Militer Dengan Angkatan Darat AS

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat Jenderal James C. Mc Conville di Kemenhan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat Jenderal James C. Mc Conville di Kemenhan, Jakarta. Mereka membahas hubungan militer kedua negara terutama di bidang pendidikan maupun pertukaran personel.

"Jadi ini melanjutkan kunjungan yang sudah baik sebagaimana diketahui hubungan kita dengan tentara AS selama ini berjalan dengan sangat baik, kerja samanya puluhan tahun dan kita sepakat untuk melanjutkan kerja sama ini," kata Prabowo saat jumpa pers di Kemenhan, Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Prabowo menuturkan, kadet atau calon perwira militer Indonesia tengah belajar di Amerika Serikat. Yaitu akademi militer West Point, akademi AL di Annapolis, dan akademi AU di Colorado Springs.

"Ini sesuatu terobosan pertama kali dalam sejarah kita punya kadet-kadet kita diterima di akademi AS," ucapnya.

Prabowo dan James juga melanjutkan program dan kerja sama militer kedua negara. Mantan Danjen Kopassus ini berhasrat meneruskan hubungan bilateral yang sudah terjalin baik.

"Jadi Jenderal, saya menjelaskan kepada mereka kita memiliki hubungan yang sangat baik selama puluhan tahun," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Kedua Kalinya ke Indonesia

Prabowo menambahkan, bahwa James sudah kali kedua berkunjung ke Indonesia. Prabowo pernah juga menjamu James di kediamannya.

"Kunjungan beliau kedua kali dan beliau pun pernah saya terima di kediaman saya 3 tahun lalu sebelum Covid terlalu ganas," kata dia.

Sementara, Jenderal James menyebut, bahwa RI dan AS punya tujuan sama dalam meningkatkan kesejahteraan dan keamanan. James menanti peningkatan kerja sama bersama Indonesia di waktu lain.

"Terima kasih Pak, telah menyambut saya kembali di Indonesia. Sebagaimana yang anda sampaikan kita memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan keamanan dan kesejahteraan melalui kerja sama di mana yang telah ada sudah sangat kuat. Kami juga menantikan untuk melanjutkan kerja sama di kemudian hari," kata James.

 

 

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini