Sukses

Jokowi Susuri Jalan Rusak Parah di Lampung dengan Mobil Kepresidenan

Jokowi tampak menyusuri jalan rusak di Lampung dengan menggunakan mobil Kepresidenan dengan pelat merah bertuliskan Indonesia 1.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023), untuk mengecek infrastruktur jalan yang rusak di daerah tersebut. Adapun kondisi jalan di Lampung yang rusak sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Jokowi tampak menyusuri jalan rusak di Lampung dengan menggunakan mobil Kepresidenan dengan pelat merah bertuliskan Indonesia 1. Hal ini terlihat dari video yang dibagikan Fotografer Resmi Istana Kepresidenan, Agus Suparto.

Berdasarkan keterangan videonya, mobil Presiden Jokowi sedang melintasi Jalan Terusan Ryacudu Lampung. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tampak mengawal mobil yang ditumpangi Jokowi dari belakang.

Mereka menggunakan sepeda motor. Selain itu, di belakang juga terlihat iring-iringan mobil rangkaian kepresidenan lainnya.

Dari video yang diunggah, terlihat mobil Jokowi melewati jalan yang rusak parah. Mulai dari, ada lobang yang cukup besar, jalanan yang mengalami pengelupasan aspal, hingga jalanan yang masih bertanah dan berpasir.

Mobil Jokowi tampak melaju dengan kecepatan rendah pelan dan berhati-hati saat melewati jalanan rusak tersebut. Beberapa kali mobil Jokowi menghindari jalanan yang berlobang.

Sejumlah warga telah menunggu kehadiran Jokowi dengan berdiri di pinggir jalan. Jokowi pun menyempatkan membagi-bagikan baju kaos dari dalam mobilnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Jalan Rusak di Lampung Segera Diperbaiki

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar jalan rusak di Provinsi Lampung, yang viral beberapa waktu lalu segera diperbaiki. Jokowi mengatakan Kementerian PUPR siap mengambil alih apabila pemerintah daerah setempat tak mampu memperbaiki jalan.

"Secepat-cepatnya dimulai (perbaikan jalan rusak), yang bisa yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, utmanya jalan yang rusak parah," jelas Jokowi usai meninjau Pasar Natar Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023).

Kunjungan Jokowi ke Lampung bukan hanya untuk meninjau harga sembako di pasar. Jokowi juga akan mengunjungi jalan rusak di Lampung.

"Ya setelah ini (dari pasar), saya mau lihat jalan-jalan yang ada di Lampung," ujarnya.

Dia menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur jalan untuk mendukung mobilitas orang dan barang. Jokowi menyampaikan biaya logistik akan tergantung pada infrastruktur yang ada.

"Ini melihat kita melihat inflasi, lihat harga-harga tapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan, karena ini menjadi kunci biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki," kata Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini