Sukses

Jokowi Akan Bertolak ke Lampung, Cek Jalan Rusak

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan ke Lampung untuk meninjau jalanan rusak yang dikeluhkan warga pada besok Rabu 3 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan ke Lampung untuk meninjau jalanan rusak yang dikeluhkan warga pada besok Rabu 3 Mei 2023. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden akan ke Lampung usai menyelesaikan rapat kordinasinya hari ini.

"Ruas-ruas jalan daerah yang dikeluhkan oleh masyarakat segara kami lihat, ditinjau. Nanti kalau bisa kita kerjakan segera kami kerjakan," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Basuki menjelaskan, ruas jalan daerah memiliki instruksi langsung dari presiden. Soal seberapa banyak jalan rusak dan harus segera diperbaiki, presiden yang nanti membuat perintahnya secara langsung.

"Besok akan kita lihat fisiknya seperti apa, nanti beliau akan perintahkan kepada saya, kalau nanti kalau bisa dikerjakan saya kerjakan," tandas Basuki.

Rusaknya jalanan di Lampung, mulai mencuat viral usai seorang Tiktokers bernama Bima menyuarakan keresahannya akan kampung halamannya yang dirasa tidak pernah maju akibat jalan-jalan rusak yang terbengkalai dan tidak mendapat atensi pemerintah setempat.

Unggahan Bima pun mendapat respon positif dan membuat pemerintah Lampung membuka diri. Meski begitu, hal ini sempat menuai polemik sebab gubernur setempat merasa tidak nyaman dengan kritik Bima yang dinilai kurang menggunakan bahasa yang sopan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Mau Kunjungan ke Lampung Bikin Pemda Sibuk, Warganet: Panik Nggak?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kabarnya akan mengadakan kunjungan sejumlah wilayah di Provinsi Lampung. Berdasarkan informasi dari akun Twitter @PartaiSocmed, disebutkan bahwa pada 3 Mei 2023 atau Rabu besok, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Lampung Tengah.

"Acaranya akan meninjau beberapa jalan yang dibiayai oleh APBN," tulis akun Twitter tersebut, dikutip Selasa (2/5/2023).

Lebih lanjut sumber akun ini juga mengungkap, Presiden Jokowi akan melewati jalan-jalan jelek viral di Kecamatan Rumbia, Lampung.

Keterangan tulisan akun tersebut juga menyebutkan, saat ini pemerintah setempat tengah mengatasi jalan yang rusak.

Dalam foto yang diunggah akun @PartaiSocmed ini juga mengungkap, Gubernur Lampung Arinal Junaidi serta Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad terlihat meninjau lokasi yang hendak dikunjungi Presiden Jokowi.

Bukan hanya Lampung Tengah, informasi yang sama dari akun ini juga menyebutkan, setelah meninjau Lampung Tengah, Presiden Jokowi juga akan melanjutkan perjalanan ke Lampung Selatan.

Masih menurut sumber ini, perjalanan darat kunjungan Jokowi ke Lampung akan menggunakan mobil dan motor.

Akun ini juga mengunggah video dan foto lain yang memperlihatkan berbagai alat berat diturunkan ke lokasi jalan rusak yang akan dikunjungi Presiden Jokowi, demi membuat jalanan di sana lebih baik.

Ramainya rencana kunjungan Presiden Jokowi ke Lampung dan bikin jajaran Pemprov Lampung panik pun jadi sorotan warganet.

Banyak yang berkomentar, Pemprov Lampung baru panik dan bergerak membenahi infrastruktur setelah viral beberapa waktu lalu imbas dikritik oleh TikToker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro.

Ada-ada saja komentar warganet atas kabar ini. Ada yang menuliskan, "Panik nggak???"

Lalu, warganet lain mengunggah komentar menggelitik seputar kepanikan dari Pemprov Lampung.

"Kalau dalam film kebayang music score-nya dari adegam sebelum ke adegan berikutnya, creepy," kata pengguna dengan akun @jon***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.