Sukses

Kata Kompolnas soal Kasus Tewasnya Kasat Narkoba Polres Jaktim AKBP Buddy Alfrits

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta kepolisian mengusut tuntas kasus AKBP Buddy Alfrits Towoliu yang tewas akibat tersambar kereta api di kawasan Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta kepolisian mengusut tuntas kasus AKBP Buddy Alfrits Towoliu yang tewas akibat tersambar kereta api di kawasan Jakarta Timur.

"Saat ini Polres Jakarta Timur dan Polda Metro Jaya sedang menyelidiki apakah kematian Kasat Narkoba Polres Jaktim akibat bunuh diri atau akibat lainnya. Mohon ditunggu hasil penyelidikannya," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti dalam keterangan tertulis, Minggu (30/4/2023).

Poengky menerangkan, jika almarhum meninggal karena dibunuh jaringan narkoba seperti yang diduga pihak keluarga almarhum, maka aparat kepolisian harus segera bergerak melakukan lidik sidik secara profesional berdasarkan scientific crime investigation untuk menemukan pelaku dan memproses hukum pelaku.

"Tetapi jika hasil penyelidikan menyatakan almarhum meninggal karena dugaan bunuh diri maka lidik sidik akan dihentikan," ujar dia.

Sebelumnya, polisi mengungkap penyebab kematian Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Buddy Alfrits Towoliu yang diduga akibat bunuh diri.

Namun, dibantah oleh Pihak keluarga. Salah satunya datang dari Paman korban, Cyprus Anthonia Tatali. Dia menilai, kematian AKBP Buddy Alfrits Towoliu janggal.

"Dari pihak keluarga kalau dituduh bunuh diri kami menolak, sangat menolak," kata dia dalam keterangannya dikutip, Minggu (30/4/2023).

Cyprus mengatakan, indikasi kematian korban tewas akibat bunuh diri dinilai tidak masuk akal. Cyprus kemudian beberkan sejumlah fakta diantaranya yaitu, pertama, korban tak memiliki riwayat gangguan jiwa.

"Kalau gangguan jiwa tidak mungkin, dia sekarang mendapat tugas baru menjadi Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Timur," ucap dia.

Kedua, AKBP Buddy Alfrits Towoliu punya keluarga yang sejahtera dan bahagia.

"Karena istrinya bukan ibu Rumah Tangga biasa, dia punya usaha. Anak yang nomor satu juga sedang menempuh pendidikan di AKPOL. Dari sisi itu tidak mungkin," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Detik-detik Korban Sebelum Ditemukan Meninggal

Cyprus menceritakan, detik-detik korban sebelum ditemukan meninggal dunia. Ada sosok yang belum diketahui identitas menghubungi AKBP Buddy Alfrits Towoliu.

Waktu itu, korban diketahui janjian dengan seseorang bernama Pak Bibi untuk merenovasi ruang kerja di Polres Metro Jaktim.

Namun, selang setengah jam usai menerima telepon, korban justru terburu-buru keluar dari ruang kerja. Cyprus menerangkan, aneh saat itu korban pergi menggunakan taksi daring.

"Padahal, korban memiliki mobil pribadi," ujar Cyprus.

Atas dasar itulah, keluarga tegas menolak asumsi korban tewas akibat bunuh diri.

"Karena dari rumah bagus, berjumpa dengan orang yang mau rehab bagus. Tahu-tahu tak sampai satu jam setelah menerima telepon, kami dapat kabar korban meninggal. Kami menduga jangan-jangan ada permainan," jelas Cyprus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.