Sukses

Alasan Megawati Jadikan Ganjar Capres PDIP: Memahami Kehendak Rakyat

Pada deklarasi yang digelar di Istana Batutulis, Bogor, tersebut, Megawati menyampaikan salah satu alasan memilih Ganjar yakni sesuai harapan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, telah resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024.

Pada deklarasi yang digelar di Istana Batutulis, Bogor, tersebut, Megawati menyampaikan salah satu alasan memilih Ganjar Pranowo yakni sesuai harapan rakyat.

“Setelah selama ini memikirkan melihat dan mencermati apa yang jadi harapan rakyat, serta petunjuk Allah,” kata Megawati di Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Megawati mengaku sengaja memilih tanggal 21 April atau Hari Kartini untuk mengumumkan capres PDIP. Sebab, menurutnya Kartini adalah simbol perjuangan dan emansipasi.

“Saya sengaja memilih tanggal 21 April untuk menyampaikan sebuah pengumuman penting, yang tentu saya ketahuui sejak lama dinanti-nanti seluruh rakyat Indonesia. Begitu banyak dialog yang telah saya lakukan. Apa yang akan saya putuskan adalah satu kesatuan benang merah pemikiran sejak para pendiri bangsa,” kata Mega.

Diketahui, pengumuman capres PDIP dihadiri langsung Ganjar Pranowo, sejumlah elite PDIP, dan juga Presiden Jokowi. Penetapan itu digelar di Istana Batutulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

"Pada hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang nol diskriminatif setara dan dijamin oleh konstitusi negara maka pada jam 13.45 WIB, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP)," kata Megawati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar: Bismillah, Kami Siap Laksanakan Tugas Ini dengan Baik

Usai mendapat hadiah kopiah dari Megawati, Ganjar menyampaikan sambutan dan mengaku siap untuk menerima mandat atas penugasan dari partai menjadi Capres.

"Dengan mengucap Bismillahirohmaniroim, Insya Allah kami akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya," kata Ganjar dala sambutannya di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Kendati demikian, Ganjar mengaku penugasan sebagai capres tidak mudah, maka untuk itu, ia memohon dukungan semua kader untuk memberikan masukan serta saran kepada dirinya.

“Di samping tentu ini tugas yang tak mudah, maka kiranya kawan yang hadir semua baik yang daring kami mohon dukungan, mohon kritikan saran,” kata Ganjar.

“inilah momentum buat kita utk konsolidasi kekuatan untuk bersatu. one for all, all for one,” tambah Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.