Sukses

Pernyataan Lengkap Jokowi Usai Ganjar Pranowo Resmi jadi Capres PDIP

Jokowi memberikan pidato dalam menyikapi keputusan PDIP menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres. Pidato disampaikan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri langsung deklarasi Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDI Perjuangan. Jokowi tampak mengenakan batik warna hitam lengan panjang.

Usai Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menyampaikan pengumuman resminya. Giliran Jokowi memberikan pidato dalam menyikapi keputusan PDIP menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres. Pidato disampaikan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jumat (21/4/2023).

Berikut ini pernyataan lengkap Jokowi:

bu Prof. DR. Megawati Soekarnoputri yang saya hormati, bapak ibu seluruh keluarga besar PDIP yang terhormat, saudara-saudara sebangsa dan se Tanah Air, seluruh rakyat Indonesia yang saya cintai.

Proses pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024 sudah semakin dekat. Sekarang ini saatnya rakyat perlu segera mengetahui siapa pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, agar rakyat memiliki kesempatan yang memadai untuk menilai dan menentukan pilihannya.

Untuk itu saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai keputusan Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai ketum PDIP yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDIP yaitu Bapak Ganjar Pranowo. Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis. Saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita.

Tetapi pemimpin tidak boleh membelokkan keberlanjutan perjuangan bangsa Indonesia yang harus terus dilanjutkan dari waktu ke waktu. Pemimpin yang baru harus terus melanjutkan visi bangsa dan program unggulan yang telah dicanangkan ideologi negara, Pancasila, Persatuan dan Kesatuan nasional serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi sosial bangsa Indonesia. Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, serta pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Singgung Kepemimpinan Indonesia

Kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional. Dan semangat Pilpres 2024 adalah semangat kontestasi program, semangat ide-ide besar untuk bangsa dan negara, saya yakin rakyat Indonesia semakin dewasa dalam menentukan pilihannya.

Semoga Pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur.

Saya ingin mengucapkan selamat hari Kartini pada Ibu Megawati Soekarnoputri dan Mbak Puan Maharani serta perempuan-perempuan Indonesia. Pada rakyat Indonesia, saya menyampaikan Selamat Idulfitri 1444 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.