Sukses

Dishub DKI: Pemudik Terminal Kalideres Naik 40 Persen dari Tahun Lalu

Kadishub memastikan, , harga tiket di Kalideres sudah sesuai dengan aturan dari Kementerian Perhubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, terdapatkan kenaikan penumpang sebanyak 40 persen di Terminal Kalideres, Jakarta Barat pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah 2023.

Syafrin menjelaskan, kenaikan penumpang tersebut terjadi pada Rabu (19/4) kemarin dengan 5.622 penumpang. 

"Untuk hari ini jumlah penumpang dari hasil pantauan kami, tertinggi tadi malam. Kemaren jumlah penumpang yang berangkat dari Kalideres 5.622 penumpang, naik 40 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu. Tahun lalu disini tertinggi hanya 4.000," kata Syafrin kepada wartawan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (20/4/2023). 

Kemudian, Syafrin juga memantau harga jual tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Ia mengklaim, harga tiket di Kalideres sudah sesuai dengan aturan dari Kementerian Perhubungan. 

"Sebagaimana imbauan kami sebelumnya bahwa kepada Perusahaan Otobus (PO) itu tidak serta merta memanfaatkan tingginya penggunaan bus-bus AKAP dan menaikan tarif sesuka hatinya. Ini pun kami monitor," ujar Syafrin.

Kemudian, Syafrin juga memastikan tidak adanya calo tiket yang memanfaatkan situasi mudik Lebaran ini.

"Yang ada itu adalah pengurus PO, karyawannya PO yang memfasilitasi, menkoordinir yang diarahkan. Jangan sampai mereka (calon penumpang) tercecer dan ketinggalan bus," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepadatan Juga Terjadi di Terminal Kampung Rambutan

Aktivitas kepadatan pemudik dengan menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta juga terpantau semakin padat.

Okupansi penumpang bus bisa melonjak hingga 10 kali lipat dibanding normal pada hari pertama cuti bersama ini.

Menurut informasi yang didapat Liputan6.com dari pihak pengelola Terminal Kampung Rambutan, Rabu (19/4/2023), sejak pukul 07.00-14.00 WIB saja jumlah penumpang mencapai 1.126 orang untuk pemberangkatan dengan 56 unit bus.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah hingga 5.000 orang lebih, lantaran Terminal Kampung Rambutan selama periode mudik Lebaran kali ini beroperasi penuh 24 jam. Kedatangan penumpang juga terpantau semakin padat memasuki sore hari.

Adapun pada hari normal, jumlah penumpang bus per harinya berada di kisaran 300-500 orang.

Jawa Barat dan Jawa Tengah masih jadi tujuan utama terfavorit di Terminal Kampung Rambutan. Tak hanya di Jawa saja, layanan bus dari Kampung Rambutan juga banyak menjamah kota-kota di Pulau Sumatera, mulai dari Bandar Lampung hingga Palembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.