Sukses

Adakan Mudik Gratis dari Medan ke Jateng, Warga: Matur Nuwun Sanget Pak Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengadakan program mudik gratis dari Medan ke Jawa Tengah.

Liputan6.com, Medan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengadakan program mudik gratis dari Medan ke Jawa Tengah. Sebanyak 1.367 pemudik dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung mulai diberangkatkan ke Jawa Tengah, Kamis (13/4/2023).

 

Salah seorang yang mendapatkan kesempatan untuk pulang ke kampung halaman secara gratis adalah Supri. Tukang bakso yang merantau ke Medan 2009 silam, terakhir kali bisa merayakan Idulfitri bersama keluarganya di Desa Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang saat Lebaran tahun 2012.

Saat ditemui di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut, Kamis (13/4/2023), mata Supri berkaca-kaca saat menceritakan bagaimana dirinya selama ini merasa sedih setiap Idulfitri tiba karena ongkos mudik ke Semarang yang begitu mahal.

"Alhamdulillah tahun ini kami dapat ikut pulang. Matur nuwun sanget, Pak Ganjar. Semoga Pak Ganjar semakin sukses," katanya.

Kali ini, Ganjar menyediakan 30 bus mudik gratis bagi para perantau dari Sumatera. Rombongan pemudik dari Sumatera ini akan dibagi menjadi tiga kloter.

Kloter pertama, pemudik dari Sumatera Utara akan berangkat Kamis, pukul 10.00 WIB. Sebanyak 617 pemudik diangkut menggunakan 15 bus, berangkat dari Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Kloter kedua berisi 250 pemudik dari Sumatera Selatan. Mereka akan berangkat menggunakan 5 bus, pada Sabtu pagi (15/4/2023). Dan kloter ketiga, pemudik dari Lampung sebanyak 500 pemudik, berangkat Sabtu sore (15/4/2023).

Sebagai informasi, mudik gratis ini difasilitasi oleh Pemprov Jateng bekerja sama dengan PT Sido Muncul dan sejumlah perusahaan swasta lain di Jawa Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi ke Ganjar

Ketua Semua Anak Rantau (Semar) Nusantara, Sumardi yang mewakili seluruh perantau dari Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepada Ganjar yang telah menyelenggarakan mudik gratis.

“Mewakili seluruh perantau, maturnuwun Bapak yang sudah bersedia maringi fasilitas mudik lebaran gratis untuk saudara-saudara di Sumatra Utara khususnya dan Sumatra umumnya. Sekali lagi sebagai ketua semar nusantara kami ucapkan terimakasih kepada bapak,” ujarnya.

Ganjar juga berharap agar para pemudik dari Sumatra bisa tiba di Jawa Tengah dengan aman.

“Mudah-mudahan ini bagian dari kontribusi seluruh komponen masyarakat yang bergotong royong untuk mengantarkan saudara-saudara kita diperantauan agar bisa mudik, tadi ada yang sebelas tahun nggak mudik,” imbuhnya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.