Sukses

Sambut Bebasnya Anas Urbaningrum, Massa Berbaju Putih Penuhi Lapas Sukamiskin

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum bakal keluar dari Lapas Sukamiskin setelah masa hukumannya atas kasus korupsi proyek Hambalang berakhir.

Liputan6.com, Bandung - Para pendukung Anas Urbaningrum mulai memenuhi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin, Kota Bandung, Selasa (11/4/2203). Diketahui, mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu bakal keluar dari Lapas Sukamiskin setelah masa hukumannya atas kasus korupsi proyek Hambalang berakhir.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, ratusan simpatisan dan loyalis Anas Urbaningrum itu memadati halaman Lapas Sukamiskin. Hingga pukul 12.00 WIB, massa pendukung yang mengenakan pakaian berwarna putih terlihat membawa spanduk sebagai bentuk dukungan kepada Anas yang akan segera menghirup udara bebas.

Selain berbaju putih, dari atribut yang dipakai massa terlihat perwakilan dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Massa juga mengenakan pita di lengan berwarna hitam dan merah bertuliskan "Sahabat Anas".

Menurut Ketua HMI Cabang Kabupaten Bandung Fatih, HMI se-Pulau Jawa dan perwakilan di sejumlah daerah di Indonesia hadir hari ini untuk menjemput bebasnya Anas.

"Jadi, sebuah momen berbahagia bagi HMI Cabang Kabupaten Bandung bisa jemput Mas Anas tanggal 11 April ini. Kita bersama HMI Jabar dan kawan-kawan dari Jateng dan Jatim hadir di sini sekitar 2.500, campur, kalau HMI 1.000," ucap Fatih.

Adapun Anas Urbaningrum dijadwalkan bakal keluar dari balik jeruji besi sekitar pukul 14.00 WIB. Ia mendapat cuti menjelang bebas dari Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham.

Usai bebas pada pukul 14.00 WIB, Anas direncanakan akan menggelar tausiah sekaligus buka bersama di sebuah rumah makan di area Bandung timur. Kemudian, Anas akan bertolak menuju Blitar untuk bertemu ibu kandungnya.

Sebelumnya, Kepala Lapas Kelas IA Sukamiskin Bandung Kunrat Kasmiri mengingatkan bahwa Lapas Sukamiskin merupakan kawasan yang dekat dengan jalur lalu lintas sibuk di Kota Bandung.

"Jangan sampai mengganggu ketertiban masyarakat. Kebetulan ini kan jalan raya cukup padat, intinya silakan menjemput, tapi tolong perhatikan kepentingan masyarakat," kata Kunrat di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, (10/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Massa Akan Sambut Kebebasan Anas Urbaningrum

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 April 2023. Adik Anas, Anna Lutfie memprediksi sebanyak 2.000 pendukung Anas akan hadir langsung di Lapas Sukamiskin untuk menjemputnya.

Kemudian sesaat setelah bebas, kata Anna, rencananya Anas Urbaningrum akan berpidato. Namun dia pun belum menyebutkan topik pidato dari Anas tersebut.

"Setelah itu kemudian bergerak ke rumah makan untuk persiapan buka bersama dan tarawih, terus kemudian di situ ada diskusi-diskusi sampai jam 21.00 WIB malam, lalu bergerak menuju Blitar (kampung halaman Anas)," kata Anna saat ditemui di Lapas Sukamiskin seperti dikutip dari Antara.

Anas Urbaningrum akan bebas pada pukul 14.00 WIB dan dilakukan acara pelepasan oleh Ka Lapas.

"Pidato Mas Anas yang secara khusus akan disampaikan di hadapan sahabat sahabat. Selanjutnya semua bergabung di RM Ponyo, Cinunuk untuk acara Buka Puasa dan silaturrahim," ujar Kornas Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini