Sukses

Pengamat Nilai Sikap Ganjar Pranowo Tolak Tim Israel di Piala Dunia U-20 Berpotensi Gerus Elektabilitas

Sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang menolak tim Israel berlaga di Piala Dunia U-20 jika Indonesia menjadi tuan rumah berpotensi menggerus elektabilitasnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Mikhael Rajamuda Bataona menilai, sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang menolak tim Israel berlaga di Piala Dunia U-20 jika Indonesia menjadi tuan rumah berpotensi menggerus elektabilitasnya sendiri.

"Sikap Ganjar Pranowo yang menolak tim Israel justru menggerus elektabilitasnya sendiri, terutama dari kalangan pendukung kelompok tengah dan moderat, juga kaum milenial," kata Bataona dilansir dari Antara, Jumat (31/3/2023).

Bataona menduga, sikap Ganjar yang menolak tim Israel berlaga pada Piala Dunia U-20 di Indonesia, sebagai langkah politik menggaet dukungan dari pemilih kanan. Namun, sikap Ganjar itu, kata Bataona, malah merugikan dirinya sendiri.

Bataona mengatakan, hampir semua pendukung Ganjar Pranowo di wilayah Bali, NTT, Maluku, Papua, Jawa hingga Sumatera, yang sebagian besar merupakan pemilih moderat, merasa sangat kecewa. Apalagi, pada akhirnya Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Kondisi itu menjadi tantangan bagi Ganjar Pranowo untuk memulihkan citra politiknya. Sebab, lanjut Bataona, migrasi elektoral sedang terjadi. Banyak pendukung Ganjar dari kelompok moderat dan kaum muda akan berpaling jika citra Ganjar tidak segera dipulihkan.

Bataona memprediksi, pemilih mengambang (undiceided voters) dan pemilih yang masih mungkin berpindah pilihan (swing voters) sedang kecewa dengan sikap Ganjar Pranowo.

"Karena umumnya undecided voters dan swing voters ini kelompok pemilih yang cukup rasional, moderat, dan datang dari kelas menengah kota yang terpelajar dan terliterasi," ujar Bataona.

Oleh karena itu, perbaikan citra Ganjar Pranowo di kalangan pemilih tersebut sangatlah penting dan menjadi tantangan bagi Ganjar Pranowo dan tim suksesnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Pranowo Kecewa FIFA Coret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak kedatangan tim Israel berlaga pada Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Setelah FIFA memberi sanksi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Ganjar Pranowo mengaku kecewa.

"Ya kecewalah, kita sudah siapkan sejak awal kok, kan tinggal beberapa catatan saja yang bisa kita lakukan," kata Ganjar dilansir dari Antara, Kamis 30 Maret 2023.

Dalam kesempatan ini, Ganjar meminta, Timnas Indonesia U-20 agar tetap semangat dan terus berlatih. "Ini bukan kiamat, harus terus berlatih dan membangun persepakbolaan Indonesia dengan serius dan utuh karena masih banyak ajang yang bisa disiapkan dengan baik," ujar kepala daerah dari PDI Perjuangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.