Sukses

Resmikan KEK Lido, Jokowi Harap Warga Tak Lagi Liburan ke luar Negeri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (31/3/2023). Jokowi menyebut KEK Lido memiliki fasilitas lengkap seperti, taman bermain, water park, movieland, hingga kawasan khusus untuk otomotif.

Dia berharap pembangunan KEK Lido ini dapat mengurangi jumlah masyarakat Indonesia yang berlibur keluar negeri. Pasalnya, kata Jokowi, masyarakat Indonesia saat ini lebih senang berlibur ke luar negeri dibandingkan negara sendiri.

"Saya senang tadi ditunjukkan di KEK Lido ini akan ada theme park-nya, akan ada movieland-nya, akan ada water park-nya, akan ada technopark-nya, akan ada kawasan untuk otomotif, semuanya komplit," kata Jokowi saat peresmian di KEK Lido Kabupaten Bogor, Jumat (31/3/2023).

"Jadi kita harapkan kedepan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang liburan keluar negeri daripada di negerinya sendiri," sambungnya.

Menurut dia, jumlah masyarakat Indonesia yang berlibur keluar negeri mencapai 11 juta orang. Jokowi mengatakan hal ini membuat banyak devisa yang masuk ke negara lain.

"Masyarakat kita yang liburan keluar itu ada 11 juta. Kalau kita rem separo saja itu devisanya akan besar sekali yang tidak terbuang untuk masuk ke negara yang lain," ujarnya.

"Hal seperti inilah yang diharapkan oleh pemerintah agar pembagnunan infrasturkutr yang telah kita kerjakan itu betul-betul secara ekonomis dimanfaatkan oleh sektor swasta," sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KEK Lido Berlokasi Strategis

Dia pun memuji KEK Lido yang memiliki lokasi strategis karena hanya 1 jam 50 menit dari Jakarta apabila melewati jalan tol. Selain itu, KEK Lido juga dikelilingi oleh Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Salak.

"Sulit mencari lokasi seperti di Lido ini dan saya melihat Pak Hary Tanoe (Chairman MNC Group) tajam banget," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.