Sukses

Top 3 News: Rotasi Besar-Besaran, Kapolri Ganti Kapolda hingga Wakapolda

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi besar-besaran sejumlah jabatan strategis di tubuh Polri. Bahkan, jabatan Kapolda Metro Jaya dan Wakapolda Metro Jaya dirotasi sekaligus. Itulah top 3 news hari ini.

Rotasi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Rotasi diawali dengan Sahlisosbud Kapolri Irjen Nico Afinta yang diangkat menjadi Ketua STIK Lemdiklat Polri. Jabatan yang ditinggalkan kemudian ditempati oleh Brigjen Hendro Pandowo yang sebelumnya Wakapolda Metro Jaya.

Posisi Wakapolda Metro Jaya kemudian diisi oleh Brigjen Suyudi Ario Seto yang sebelumnya Penyidik Tindak Pidana Utama TK.I Bareskrim Polri. Jabatan Kapolda Metro Jaya pun akan diisi oleh Irjen Karyoto yang sebelumnya ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sementara itu, mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus dibacok orang tak dikenal (OTK) di depan rumahnya di Kompleks GBA, Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat, Selasa sore 28 Maret 2023.

Tak hanya Jaja Ahmad Jayus, putrinya bernama Rahmi Dwi Utami juga turut menjadi korban. Kejadian itu disampaikan Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo.

Kabid Humas Polda Jabar mengungkapkan kronologi pembacokan terhadap mantan Ketua KY tersebut. Peristiwa terjadi saat Jaja dan putrinya baru saja tiba di depan rumahnya sekitar pukul 15.00 WIB.

Polisi menyebut, serangan dengan senjata tajam itu diduga dilakukan oleh satu orang. Usai membacok Jaja, pelaku lantas melarikan diri menggunakan sepeda motor.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait suasana panas yang terjadi dalam rapat Komisi III DPR bersama Menko Polhukam Mahfud Md di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu 29 Maret 2023.

Membuka paparannya dalam rapat terkait dugaan transaksi mencurigakan Rp 349 triliun, Mahfud menegaskan bahwa posisi atau kedudukan pemerintah dan DPR sejajar.

Mahfud meminta DPR tidak asal menuding, gertak ataupun mengancam dirinya terkait langkahnya mengumumkan adanya transaksi mencurigakan tersebut.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 29 Maret 2023:

2 dari 4 halaman

1. Rotasi Besar-Besaran, Kapolri Juga Ganti Jabatan Wakapolda Metro Jaya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi besar-besaran sejumlah jabatan strategis di tubuh Polri. Jabatan Kapolda Metro Jaya dan Wakapolda Metro Jaya dirotasi sekaligus.

Rotasi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Diawali dengan Sahlisosbud Kapolri Irjen Nico Afinta yang diangkat menjadi Ketua STIK Lemdiklat Polri. Jabatan yang ditinggalkan kemudian ditempati oleh Brigjen Hendro Pandowo yang sebelumnya Wakapolda Metro Jaya.

Posisi Wakapolda Metro Jaya kemudian diisi oleh Brigjen Suyudi Ario Seto yang sebelumnya Penyidik Tindak Pidana Utama TK.I Bareskrim Polri.

Sebelumnya, Komjen Arief Sulistyanto yang menjabat Kabaharkam Polri dimutasi menjadi Pati Baharkam Polri dalam rangka pensiun. Irjen Fadil Imran yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri menggantikan Arief.

Jabatan Kapolda Metro Jaya pun akan diisi oleh Irjen Karyoto yang sebelumnya ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kronologi Eks Ketua KY Jaja Ahmad Jayus dan Putrinya Dibacok OTK di Depan Rumah

Mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) Jaja Ahmad Jayus dibacok orang tak dikenal (OTK) di depan rumahnya di Kompleks GBA, Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat, Selasa sore 28 Maret 2023.

Tak hanya Jaja Ahmad Jayus, putrinya bernama Rahmi Dwi Utami juga turut menjadi korban.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jawa Barat, Kombes Ibrahim Tompo mengungkapkan kronologi pembacokan terhadap mantan Ketua KY tersebut. Peristiwa terjadi saat Jaja dan putrinya baru saja tiba di depan rumahnya sekitar pukul 15.00 WIB.

"Korban menggunakan kendaraan R4 HR-V /Hitam/ nopol D-1652- VBQ. Diduga korban sudah dikuntit oleh pelaku dari luar. Sesampainya depan rumah, korban keluar dari mobil dan akan masuk ke rumah. Seketika diserang oleh pelaku," kata Ibrahim dalam keteranganya, Selasa 28 Maret 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Rapat dengan Komisi III soal Transaksi Mencurigakan Rp 349 T Berlangsung Panas, Mahfud Md: Jangan Gertak-Gertak

Suasana panas terjadi dalam rapat Komisi III DPR bersama Menko Polhukam Mahfud Md di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu sore 29 Maret 2023.

Membuka paparannya dalam rapat terkait dugaan transaksi mencurigakan Rp 349 triliun, Mahfud menegaskan bahwa posisi atau kedudukan pemerintah dan DPR sejajar.

“Kedudukan DPR dan pemerintah sejajar, oleh sebab itu kita harus bersama bersikap sejajar,” kata Mahfud dalam rapat.

Mahfud meminta DPR tidak asal menuding, gertak ataupun mengancam dirinya terkait langkahnya mengumumkan adanya transaksi mencurigakan tersebut.

“Oleh sebab itu jangan gertak-gertak, saya juga bisa gertak. (Kalian) bisa dihukum menghalangi penegakan hukum,” kata dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.