Sukses

Survei Indo Barometer: Elektabilitas Ganjar Unggul Tipis Atas Prabowo

Nama Ganjar Pranowo berada di peringkat teratas jika pemilihan Presiden digelar pada hari ini. Itu berdasarkan hasil survei dari Indo Barometer yang dirilis pada Selasa (21/3).

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ganjar Pranowo berada di peringkat teratas jika pemilihan Presiden digelar pada hari ini. Itu berdasarkan hasil survei dari Indo Barometer yang dirilis pada Selasa (21/3).

Dalam simulasi 5 nama dengan pertanyaan tertutup, Ganjar mendapat angka 29,4 persen. Di bawahnya ada Prabowo Subianto 27,5 persen, dan Anies Baswedan 23,9 persen. Sementara, Puan Maharani 1,4 persen dan Airlangga Hartarto 0,3 persen.

"Dari pertanyaan tertutup terhadap 5 nama calon Presiden, Ganjar Pranowo selisih tipis dengan Prabowo Subianto," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam paparan surveinya di FX Sudirman, Jakarta, Selasa (21/3).

Berikutnya, untuk 3 nama pertanyaan tertutup Ganjar Pranowo masih menempati posisi puncak dengan elektabilitas 30,3 persen. Sedangkan, Prabowo Subianto 28,4 persen dan Anies Baswedan 25,3 persen.

"Dari pertanyaan tertutup terhadap 3 nama calon Presiden, Ganjar Pranowo dipilih 30,3 persen, Prabowo Subianto 28.4 persen, Anies Rasyid Baswedan 25.3 persen," ucap Qodari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Survei ini dilakukan pada 12-24 Februari 2023 dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Responden berusia 17 tahun yang sudah mempunyai hak pilih.

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah Stratified random sampling. Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.190 responden, dengan margin of error sebesar ± 2.9%, pada tingkat kepercayaan 95%.

Sumber: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.