Sukses

Heru Budi Usulkan Uus Kuswanto Jadi Wali Kota Jakbar, DPRD: Jangan Banyak di Kantor

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyampaikan pesannya untuk Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda DKI Jakarta Uus Kuswanto yang telah menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk mengisi posisi barunya, yakni sebagai calon Wali Kota Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyampaikan pesannya untuk Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda DKI Jakarta Uus Kuswanto yang telah menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk mengisi posisi barunya, yakni sebagai calon Wali Kota Jakarta Barat.

Sebelumnya, Uus mengakui bahwa pengangkatannya ini merupakan rekomendasi dari Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Uus akan menggantikan Wali Kota Jakarta Barat definitif Yani Wahyu Purwoko.

Diketahui, Uus mengikuti fit and proper test di ruangan Prasetyo. Selain Prasetyo, turut hadir sejumlah pimpinan DPRD DKI Jakarta lainnya pada Senin 20 Maret 2023 siang.

Usai melakukan fit and proper test terhadap Uus, Prasetyo menuturkan ingin Uus sering turun ke lapangan apabila nanti resmi menjadi Wali Kota Jakbar definitif. Dia meminta Uus untuk tidak keseringan duduk diam di kantor.

"Saya berpesan kepada Pak Uus yang akan kembali bertugas di Jakarta Barat untuk sering turun ke lapangan karena permasalahan Jakarta banyak di lapangan, bukan di kantor atau meja kerja saja," kata Prasetyo melalui aku Instagram resmi @prasetyoedimarsudi, dikutip Selasa (21/3/2023).

Selain itu, Prasetyo menyarankan agar nantinya Uud mampu melakukan inovasi baru untuk pembangunan Jakarta Barat. Dia mau Uus membetulkan semua pekerjaan rumah Jakarta Barat yang tidak terselesaikan.

"Lakukan banyak terobosan dan juga inovasi. Yang rusak harus segera dibetulkan dan yang kotor harus segera dibersihkan. Beragam persoalan harus segera ditangani dan selalu dinanti-nanti warga untuk segera dibenahi," ungkap Prasetyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Prioritas

Lebih lanjut, Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini membeberkan sejumlah program prioritas yang mesti diutamakan Uus, antara lain banjir hingga penanganan stunting. Menurut Prasetyo, permasalahan tersebut masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terpecahkan.

"Selalu ingat prioritas yang jadi PR bersama kita ialah penanggulangan banjir, penanganan kemacetan, mengatasi kemiskinan, percepatan penurunan stunting hingga antisipasi dampak resesi ekonomi," jelas dia.

"Walikota harus melayani warganya, memberikan yang terbaik untuk kotanya," lanjut Prasetyo.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik Uus Kuswanto sebagai Wali Kota Jakarta Barat pada 4 September 2020. Setahun berselang, tepatnya pada 12 Oktober 2021, Uus diberhentikan oleh Anies. Anies kala itu memindahkan Uus mengisi posisi Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda DKI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.