Sukses

Sekjen PDIP: Pertemuan Jokowi dan Megawati Bukan Bahas soal Capres

Sekjen PDIP menjelaskan, pertemuan Jokowi Megawati adalah pertemuan antar kader partai berlambang banteng moncong putih.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pembahasan soal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disampaikan secara tertutup.

Di mana, kata Hasto, pertemuan itu juga membahas sejumlah hal mulai dari dinamika politik nasional dan arah bangsa masa depan. Namun, terkait nama hanya akan diumumkan Megawati.

"Kemudian terkait dengan nama (capres), Pak Jokowi pun mengatakan nanti tanya sama Ibu Mega. Jadi kita tunggu keputusan dari Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto dalam keterangannya, Senin (20/3/2023).

Terkait adakah pertimbangan capres-cawapres yang disampaikan Jokowi ke Megawati, menurut Hasto apa yang disampaikan Jokowi menunjukan dirinya sangat concern bagaimana kepemimpinan selama dua periode itu berkelanjutan.

"Tentu saja nanti mungkin akan ada partai politik dalam kerja sama dan paling penting adalah topangan dari rakyat," jelas Hasto.

Politikus asal Yogyakarta ini menjelaskan, pertemuan Jokowi Megawati adalah pertemuan antar kader partai berlambang banteng moncong putih. Sehingga, tidak tepat jika ditanyakan apakah ada kesepakatan di antara kedua tokoh seusai pertemuan. Terminologi yang tepat adalah pertemuan itu menghasilkan kesepahaman soal pemimpin masa depan.

"Pertemuan antarkader ini kesepahaman, bagaimana seluruh ide pemikiran gagasan Bung Karno, nanti diwujudkan melalui tata pemerintahan negara yang baik," jelas Sekjen PDIP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tak Bantah Bahas Capres dengan Megawati

Sebelumnya, Presiden Jokowi tak menampik pertemuannya dengan Megawati turut membahas Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024.

Presiden Jokowi yang juga politikus PDIP, mengaku memberikan pandangan terkait sejumlah nama bakal calon Presiden berdasarkan data yang dimiliki kepada Megawati.

“Yang jelas saya memberikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data yang kita miliki,” kata Jokowi.

Namun, Presiden Jokowi enggan menyebutkan siapa nama Capres-Cawapres yang dibahas dalam pertemuan itu.

Dia pun meminta agar hal itu ditanyakan langsung kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Calonnya tanya Bu Mega,” jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.