;
Sukses

Sekjen PDIP Diwisuda di Unhan RI Besok, dengan Predikat Mahasiswa Terbaik

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unhan karena telah menggembleng soal ilmu pertahanan kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta - Doktor Ilmu Pertahanan Hasto Kristiyanto menerima piagam sebagai mahasiswa terbaik Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) Tahun Ajaran 2023, pada hari ini, Senin (13/3/2023).

Setelah menerima piagam, esok hari, Hasto akan melaksanakan wisuda Doktoral Ilmu Pertahanan. Adapun wisuda Hasto akan dilakukan di Universitas Pertahanan, Selasa (14/3/2023).

Menjelang wisuda esok hari, Hasto mengaku bersyukur merasakan pendidikan di Universitas Pertahanan. Di kampus Unhan, Sekjen PDI Perjuangan ini merasa digembleng semangat bela negara.

"Sebagaimana disampaikan Pak Rektor tadi. Perpaduan untuk membentuk pejuang, pemikir, negarawan dan juga tokoh-tokoh intelektual, kepemimpinan intelektual di dalam pertahanan dibangun, digembleng di Universitas Pertahanan RI," kata Hasto usai menerima penghargaan mahasiswa terbaik, di Aula Merah Putih, Unhan, Senin pagi.

Hasto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unhan karena telah menggembleng soal ilmu pertahanan kepadanya.

Menurut dia, ternyata ilmu pertahanan memiliki pengertian yang sangat luas. Hal itu diajarkan di Universitas Pertahanan.

"Tidak hanya semangat juang dan bela negara yang dibangun. Pemikiran dan semangat patriotisme, tapi juga bagaimana perpaduan antara sosok warriors dan science diciptakan," jelasnya.

Lebih jauh, Hasto menceritakan bahwa selama menjalani pendidikan di Unhan, semua mahasiswa dibangun solidaritas yang sangat kuat.

Hal ini, jelas Hasto, karena ilmu pertahanan perspektifnya sangat luas, mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut dia, semua ajaran itu diperlukan untuk menjaga keselamatan bangsa, keutuhan wilayah NKRI, dan tentu juga perjuangan kita mencapai kejayaan bangsa Indonesia sebagaimana dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

Terakhir, Hasto Kristiyanto berpesan kepada seluruh generasi muda untuk terus membangun bangsa dan negara, salah satunya melalui ilmu pertahanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disertasi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Ia pun menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan riset dan inovasi. Sebab, hal itu berkaitan dengan diplomasi dan hukum internasional bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya.

Hal itu yang dituangkan Hasto dalam disertasi program Doktoralnya.

"Hanya dengan itu kita bisa menjadi bangsa hebat. Seluruh anak-anak muda harus menggembleng diri karena kejayaan Indonesia dengan kekayaan luar biasa hanya bisa dilakukan ketika kita menguasai lmu pengetahuan dan teknologi, menggunakan riset dan inovasi agar menjadi bangsa yang berdikari," sebut Hasto.

Pria asal Yogyakarta itupun mengucapkan terima kasih dan penghormatan terhadap sosok yang menjadi promotor dan co promotor saat dia mengambil program doktor di Unhan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada promotor dan co promotor yang telah memberi bimbingan. Terima kasih kepada Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D., Guru Besar Universitas Pertahanan RI, Laksdya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, M.Sc., DESD. ASEAN Eng., Rektor Universitas Pertahanan RI dan Letjen TNI (Purn) Dr. I Wayan Midhio, M.Phil , Dosen Doktoral Universitas Pertahanan RI," sebut Hasto.

Berikut piagam lulusan terbaik diberikan Universitas Pertahanan Tahun Ajaran 2023 kepada:

A. Mahasiswa Nasional

Program Doktor Nama: Dr. Hasto Kristiyanto, NIK 220200201012, dengan IPK 4,0, predikat Summa Cum Laude, Prodi Ilmu Pertahanan.

B. Program Magister

1. Fakultas Strategi Pertahanan

Nama: Abdul Razak Aditya, NIK 120210102001, IPK 3,99, Predikat dengan pujian, Prodi Peperangan Asimetris

2. Fakultas manajemen pertahanan,

Nama: Dyah Tribuana Tungga Dewi, NIKB120210201007, IPK 4,00, predikat dengan pujian, Prodi Manajemen Pertahanan.

3. Fakultas Keamanan Nasional

Nama: Syafrudin Fathoni, NIK 120210301024, IPK 3,96, Predikat dengan pujian, Prodi Manajemen Bencana.

4. Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan

Nama: M. Hafizh Syaffi'i, NIK 12021402009, IPK 3,99 predikat dengan pujian, Prodi Teknologi Penginderaan

Mahasiswa Internasional

Nama: Hassan Raza Hashmi, NIK 120210103012, IPK 4,00 predikat dengan pujian, Prodi Diplomasi Pertahanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.