Sukses

Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban yang Bisa Dilakukan Umat Muslim Sambut Ramadan

Malam nisfu syaban merupakan salah satu dari sekian malam yang dimuliakan Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Malam nisfu syaban merupakan salah satu dari sekian malam yang dimuliakan Allah SWT. Dalam kalender Hijriah yang dirilis Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, malam Nisfu Syaban jatuh antara Selasa dan Rabu, 7-8 Maret 2023.

Kemudian, malam nisfu syaban adalah malam yang istimewa karena masuk dalam satu dari lima malam yang utama yaitu malam Qadar, Idul Fitri, Idul Adha, malam Jumat, dan malam awal bulan Rajab.

Malam nisfu syaban ini sangat dinantikan oleh umat muslim yang ingin mendapatkan keutamaannya. Bahkan malam ini juga disebut sebagai malam pengampunan karena malam nisfu syaban adalah malam yang dipenuhi dengan rahmat serta kebaikan-kebaikan Allah SWT.

Sebagai umat muslim, maka dianjurkan untuk melantunkan doa demi mengharapkan rahmat, keberkahan dan pahala dari Allah SWT. Malam nisfu syaban pun juga menjadi penanda akan datangnya bulan Ramadan.

Banyak amalan yang umat muslim dapat lakukan pada nisfu syaban, mulai dari puasa, zikir, membaca Al-Qur’an, dan berdoa. Lantas, apakah sebenarnya malam nisfu syaban?

Melansir dari islam.nu.or.id, dalam kitab Qut al-Qulub karya Al-Imam Abu Thalib al-Makki dijelaskan bahwa para sahabat Nabi memberikan perhatiannya pada malam nisfu syaban. Perhatian lebih ini dengan melakukan berbagai amal ibadah dan juga melakukan kebaikan.

Malam nisfu syaban juga dikenal sebagai malam yang istimewa karena Allah SWT akan menghapuskan dosa-dosa orang yang memohon pengampunan atas dosanya yang telah diperbuat. Hal ini juga sebagaimana hadits dari Rasulullah SAW.

"Apabila tiba malam nisfu syaban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya," mengutip dari HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman.

Itu lah keutamaan paling istimewa dari malam nisfu syaban yang tentunya banyak dinantikan umat muslim bahkan dianjurkan untuk dilakukan. Amalan ini pun dapat dilaksanakan secara individu ataupun berjemaah.

Berikut doa dan amalan yang dapat dilakukan umat muslim saat malam nisfu syaban dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Malam Nisfu Syaban

Doa merupakan salah satu amalan pada malam Nisfu Syaban. Keutamaan dari doa ini ialah, Allah SWT akan menjawab segala doa umatnya pada malam-malam Nisfu Syaban. Doa pada malam Nisfu Syaban ialah:

المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Allaahumma yaa dzal manni wa laa yumannu ‘alaik, yaa dzal jalaali wal ikraam, yaa dzat thawli wal in‘aam, laa ilaaha illaa anta zhahral laajiin wa jaaral mustajiiriin wa ma’manal khaa’ifiin.

Allaahumma in kunta katabtanii ‘indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan aw mahruuman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullaahumma fii ummil kitaabi syaqaawatii wa hirmaanii waqtitaara rizqii, waktubnii ‘indaka sa‘iidan marzuuqan muwaffaqan lil khairaat.

Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fii kitawbikal munzal ‘alaa lisaani nabiyyikal mursal, “yamhullaahu maa yasyaa’u wa yutsbitu, wa ‘indahuu ummul kitaab” wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammad wa alaa aalihî wa shahbihii wa sallama, walhamdu lillaahi rabbil ‘alamiin.

Artinya:

Wahai Tuhanku yang Maha Pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku.

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’

Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT."

 

3 dari 3 halaman

Amalan Baik di Malam Nisfu Syaban

Selain puasa dan berdoa, kamu bisa melakukan amalan-amalan baik di Malam Nisfu Syaban. Berikut amalan yang bisa dilakukan selama Nisfu Syaban:

1. Memperbanyak doa.

Pada malam nisfu syaban dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Bahkan, ada doa khusus pada malam nisfu syaban.

2. Memperbanyak membaca dua kalimat syahadat.

Dua kalimat syahadat merupakan kalimat mulia yang dianjurkan untuk sering dibaca umat Islam.

3. Memperbanyak istighfar atau zikir.

Beristighfar memohon ampun kepada Allah harus selalu dilakukan karena manusia tempatnya salah dan lupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.