Sukses

Jokowi Sebut Harga Sejumlah Kebutuhan Naik Saat Kunjungi Pasar Baleendah

Jokowi mengecek secara langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengecek secara langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Minggu (5/3/2023). Jokowi menemukan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Usai peninjauan, Jokowi mengatakan bahwa di pasar tersebut terdapat beberapa harga pangan yang naik. Misalnya, harga cabai rawit merah dan hijau.

"Memang ada kenaikan untuk cabai rawit merah, cabai rawit hijau, memang naik sampai harga 70-80 (ribu rupiah)," jelas Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (5/3/2023).

Menurut dia, kenaikan harga cabai tersebut merupakan fenomena yang sering terjadi. Namun, Jokowi meyakini harga tersebut akan turun pada bulan selanjutnya.

"Memang sulit diselesaikan tapi memang kadang petani harus juga dapat untung, tapi nanti kan bulan berikut sudah turun lagi," ujarnya.

Selain harga cabai, Jokowi juga menyoroti harga beras yang masih belum turun di Pasar Baleendah. Oleh karena itu, dia meminta Bulog untuk segera mengadakan operasi pasar di sana.

"Tadi saya sudah telepon Bulog untuk juga diadakan operasi pasar di Pasar Baleendah Kabupaten Bandung untuk menurunkan harga," katanya.

Di sisi lain, Jokowi menyampaikan akan ada panen raya dalam beberapa waktu ke depan. Dia optimistis hal tersebut dapat mendorong harga beras untuk lebih stabil dan terjangkau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Bantuan

"Ini kan panen raya gak ada masalah panen raya di mana-mana, panen raya secara otomatis kalau suplainya banyak pasokan banyak harga pasti turun," tutur Jokowi.

Selain mengecek harga kebutuhan pokok, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana juga turut membagikan sejumlah bantuan kepada para pedagang dan masyarakat yang ada di sana. Mulai dari, Bantuan Modal Kerja (BMK), Bantuan Tunai Langsung (BTL), dan sembako.

Turut mendampingi dalam kunjungannya yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.