Sukses

Erick Thohir Dinilai Cawapres Klaster Profesional Paling Potensial

Sebagai figur yang berasal dari kalangan profesional Erick Thohir memilik modal sosial besar. Kondisi demikian dikuatkan dengan kemampuan mumpumi Erick Thohir dari sisi kekuatan logistik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi sosok yang terus mendapat dukungan kuat maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Erick Thohir sosok profesional yang disukai semua kalangan masyarakat.

Pegiat Media Sosial Politik Yuari Prayanto mengatakan, sejumlah keunggulan dipunyai Erick Thohir untuk diusung maju cawapres. Hal tersebut menjadi modal kuat menghadapi pelaksanaan Pilpres 2024.

Sebagai figur yang berasal dari kalangan profesional Erick Thohir memilik modal sosial besar. Kondisi demikian dikuatkan dengan kemampuan mumpumi Erick Thohir dari sisi kekuatan logistik.

"Erick Thohir miliki modal sosial dan logistik serta juga disebut sebagai seorang yang profesional," ujar Yuari dalam channel YouTube MindTV Indonesia, Sabtu (4/3/2023).

Maka itu tidak mengherankan, dia menambahkan, berbagai kalangan menilai Erick Thohir memiliki peluang besar untuk menjadi cawapres pada Pilpres mendatang. Modal kuat mumpuni Erick Thohir mampu memikat banyak dukungan masyarakat.

Menurut pria yang akrab dikenal Mazdjo Pray ini modal politik Erick Thohir terletak dari kinerja cemerlang memimpin BUMN. Lantaran di bawah komando Erick Thohir BUMN berhasil meraih banyak capaian gemilang.

"Erick Thohir punya modal sosial tinggi," terang Mazdjo.

Maka itu, dia menyebut, segudang prestasi Erick Thohir juga menjadi tolok ukur besarnya dukungan masyarakat. Eks Presiden Inter Milan ini begitu konsisten mendapat perhatian khusus menuju Pilpres 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepercayaan Tinggi

Dorongan besar konsisten hadir pada Menteri BUMN Erick Thohir untuk maju menjadi calon wakil presiden (cawapres). Kondisi demikian tidak terlepas dari adanya kepercayaan tinggi yang menjadi modal penting bagi Erick Thohir.

Berdasarkan hasil temuan Lembaga Survei SPIN periode 3-13 Februari 2023, Erick Thohir menempati daftar teratas sosok cawapres unggulan. Erick Thohir berhasil mendapat raihan angka sebesar 17,1 persen.

Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah Putra mengatakan, tingginya kepercayaan masyarakat tidak terlepas dari latar belakang Erick Thohir. Lantaran berasal dari kalangan profesional yang tidak terikat dengan kepentingan partai politik (parpol) manapun.

“(Erick Thohir) Ia belum politisi atau anggota Partai, sehingga kepercayaan padanya dari publik masih cukup baik,” ujar Dedi 

Lebih dari itu, dia menyebut, Erick Thohir juga menjadi figur yang diterima oleh semua kalangan masyarakat. Erick Thohir sosok yang minim resistensi dari kalangan masyarakat di Tanah Air.

Hal itu ditambah dengan kinerja cemerlang Erick Thohir selama memimpin Kementerian BUMN. Di bawah nakhoda Erick Thohir, BUMN berhasil meraih berbagai capaian gemilang membanggakan.

Sejumlah kebijakan Erick Thohir mampu menjadi solusi dalam menghadapi persoalan ekonomi masyarakat. Mulai dari Program Kredit Usaha Rakyat (KUR), PNM Mekaar, Makmur, sampai dengan PaDi BUMN.

“Banyak kinerja atau keputusan Erick yang disukai publik,” kata Dedi.

Atas dasar itulah, dia menilai, tidak mengherankan jika nama Erick Thohir terus melambung menjelang tahun politik 2024 mendatang. Sehingga menjadikan sosoknya sebagai figur potensial pilihan masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.