Sukses

Ganjar Serahkan Hibah Sosial Kemasyarakatan Rp 148,1 Miliar

Selain ormas, Ganjar juga menyerahkan hibah ini kepada sembilan partai politik. Hibah ke partai politik diserahkan Ganjar sebesar Rp33,9 miliar.

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyerahkan hibah bidang sosial kemasyarakatan sebesar Rp 148,1 miliar kepada ribuan organisasi masyarakat (ormas) di Gedung Gradhika Bhakti Pradja, Kota Semarang, Jateng, Selasa (28/2/2023).

Penyerahan hibah dilakukan secara simbolis kepada sembilan ormas yang hadir secara luring.

Di antaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng sebesar Rp600 juta, Pimpinan Wilayah Muslimat NU Jateng sebesar Rp400 juta, Forum Pembauran Kebangsaan Jateng sebesar Rp250 juta, dan Yayasan Amanah Mulya Sendangmulyo sebesar Rp200 juta.

Kemudian Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng Rp250 juta, PD Pemuda Muhammadiyah Jateng Rp50 juta, DPD LVRI Jateng Rp70 juta, Pemkumpulan Penyelenggara TK Indonesia Jateng Rp120 juta, dan terakhir Badan Kerjasama Organisasi Jateng sebesar Rp250 juta.

Selain ormas, Ganjar juga menyerahkan hibah ini kepada sembilan partai politik. Hibah ke partai politik diserahkan Ganjar sebesar Rp33,9 miliar.

"Rp148,1 miliar dan ini instansi vertikalnya ada sembilan dan ini kurang lebih anggarannya Rp9 miliar lebih sedikit. Untuk partai politik ada sembilan partai, ini Rp33,9 miliar, lalu ormasnya ada 2.212 ormas, anggrannya 105,1 miliar,” jelas Ganjar.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga mensosialisasikan cara mengelola dana hibah dengan baik kepada ribuan ormas.

Ganjar mengatakan, hal itu dilakukan agar dana yang diserahkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Seringkali dana hibah yang ada itu masalah, maka hari ini kita undang KPK, Kejaksaan, ada kepolisian, ada inspektorat agar mereka semuanya nanti membantu untuk mengawal dan kita kasih kesempatan kepada mereka agar menggunakan itu,” kata Ganjar.

"Kalau kawan-kawan tidak memahami secara utuh bagaimana cara mencatat, bagaimana cara menggunakan, bagaimana cara melaporkan, kita dampingi sehingga manfaatnya akan jauh lebih baik,” sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Ganjar untuk Ormas

Setelah sosialisasi diberikan, Ganjar pun berpesan kepada ribuan ormas untuk menggunakan anggaran dengan baik. Pasalnya, Ganjar menyebut anggarannya tidak sedikit.

Selain itu, Ganjar juga berpesan kepada para ormas untuk melaksanakan fungsinya dengan baik menjelang tahun politik.

Ganjar mengatakan, ormas adalah stakeholder yang berkontribusi dalam menjaga kondusivitas dalam masyarakat di berbagai situasi.

"Kita minta agar setiap ormas bisa melaksanakan fungsinya dengan baik karena ini menjelang tahun politik, maka kita minta tolong agar ormas ikut serta membantu kondisivitas itu," pungkas Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini