Sukses

Evakuasi Penumpang Helikopter Mendarat Darurat di Jambi Dilanjutkan Lewat Jalur Darat

Evakuasi penumpang helikopter mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci Jambi dilanjutkan melalui jalur darat.

Liputan6.com, Jakarta Evakuasi penumpang helikopter mendarat darurat di Bukit Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci Jambi dilanjutkan melalui jalur darat. Evakuasi melalui jalur udara dihentikan Minggu 19 Februari 2023 malam karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Priyanto mengatakan tim evakuasi jalur darat masih terus dilakukan menuju lokasi.

"Karena medan sulit daerah perbukitan darat tetap lanjut, tapi untuk tim udara sementara dihentikan dan dilanjutkan besok pagi," kata Mulia di Jambi seperti dilansir Antara, Minggu.

Ia menyampaikan, hingga Minggu sore, pihaknya masih bisa berkomunikasi menggunakan HT dengan Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta yang juga berada dalam rombongan penumpang helikopter tersebut.

Dari komunikasi tersebut diketahui seluruh korban selamat, namun ada yang mengalami luka-luka.

Mulia mengatakan, sambil menunggu tim evakuasi tiba di lokasi, penumpang helikopter bertahan dengan persediaan bahan makanan yang dibawa dalam helikopter tersebut.

Selain itu, di helikopter tersebut tersedia P3K yang digunakan oleh penumpang untuk meminimalisasi dampak luka-luka.

Sementara itu, terkait penyebab helikopter mendarat darurat yang ditumpangi Kapolda Jambi itu, masih dalam proses investigasi.

Kepala Pos SAR Kerinci Bambang di Jambi, mengatakan perjalanan evakuasi melalui jalur udara berhenti sementara, karena cuaca hujan.

Untuk menuju ke lokasi helikopter yang jatuh itu, kata dia tim harus berjalan kaki ke lokasi.

Ia menerangkan jika perjalanan evakuasi dilanjutkan malam ini, maka tim akan sampai ke lokasi pada besok siang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Helikopter Mendarat Darurat

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono mendarat darurat di kawasan Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci pada Minggu (19/2/2023). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun beberapa penumpang dilaporkan terluka.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerangkan, helikopter ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, beberapa Direktur Polda Jambi, Korpspripim Polda Jambi, dan staf.

"Informasi bahwa dari penumpang yang berjumlah delapam orang, terdiri dari Kapolda, Direktur, staf dan Koorspri, semuanya masih dalam kondisi selamat. Walaupun ada beberapa orang yang terluka dan di antara mereka juga bisa berkomunikasi dengan kita walaupun kadang kala ada kesulitan," kata Listyo dalam keterangannya, Minggu (19/2/2023).

Listyo menerangkan, Kapolda Jambi beserta rombongan terbang dari Jambi menuju ke Kerici dalam rangka melaksanakan tugas. Helikopter tiba-tiba hilang kontak pada pukul 11.20 WIB. Informasi terakhir, helikopter berhasil mendarat darurat.

"Dari Jambi ke Kerinci jaraknya jauh, sehingga kita harus menggunakan helikopter dan cuaca buruk dan kabut sehingga mau tidak mau ada kondisi di mana terpaksa dilakukan pendaratan darurat. Kita telah mengetahui titik koordinat bagaimana helikopter tersebut melakukan pendaratan darurat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.