Sukses

MAN 22 Jakbar Gelar Kejuaraan Panahan Pelajar 2023, 503 Peserta Siap Berkompetisi

Total ada 500 lebih peserta yang hadir dalam Kejuaran panahan MAN 22. Kejuaraan dibagi ke dalam beberapa kategori , mulai dari SD hingga umum.

Liputan6.com, Jakarta - Madrasah Aliyah Negeri 22 Jakarta Barat menggelar 'Students Archery Championships 2023' atau Kejuaraan Panahan Pelajar 2023. Event tahunan yang memperebutkan Piala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta ini digelar Sabtu, (18/2/2023) hingga Minggu besok.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Panahan Pelajar 2023 MAN 22, Muhammad Sholeh mengatakan, kejuaraan ini mendapat antusias cukup besar dari  sekolah serta para pelajar dari sejumlah tingkatan. Hal itu ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang mengikuti event panahan tersebut.

Peserta, kata Sholeh bahkan ada yang datang dari luar pulau Jawa.  

"Kami menggandeng PT Anak Panah Dunia pada event ini. Jumlah peserta total lebih dari 500 orang, dari 248 Sekolah Dasar, Menengah Pertama dan Menengah Umum di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Subang, Cimahi, Bandung. Bahkan ada yang dari Samarinda,” ucap Sholeh dalam keterangan tertulisnya yang diterima Liputan6.com. 

Sholeh menjelaskan, Kejuaraan panahan ini terbagi ke dalam beberapa kategori, untuk Kategori Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar dan Madrasah Tsanawiyah/ Sekolah Menengah Pertama akan diselenggarakan pada tanggal 18 Februari 2023, sedangkan untuk kategori Madrasah Aliyah/ Sekolah Menengah Atas akan diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2023.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 22 Jakarta Barat, Usman Ali dalam sambutannya mengaku bersyukur tingginya antusiasme, dan banyak peserta yang mengikuti event olahraga panahan di sekolahnya.

Dia berharap, adanya kejuaraan di MAN 22 ini, dapat melahirkan bibit-bibit atlet panahan baru yang nantinya bakal mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. 

"Semoga ini bisa memberikan akses terhadap aktivitas olahraga panahan, bagi pelajar pada khususnya, dan bagi atlet-atlet panahan pada umumnya. Dan tentu, menjadi sarana pembelajaran bagi bibit-bibit atlet baru sebagai generasi atlet Indonesia selanjutnya,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Junjung Tinggi Sportivitas

Usman juga mengatakan, kejuaraan panahan tingkat pelajar ini pun menunjukkan bahwa pihaknya peduli dengan pembinaan olahraga nasional, khususnya cabang panahan.

Dia berharap, dari event ini mampu melahir atlet-atlet terbaik yang dapat mengukir prestasi di masa depan.

"Turut serta meningkatkan pembinaan olahraga panahan nasional sebagai bukti peran serta siswa sebagai bagian dari masyarakat olahraga Indonesia yang peduli akan prestasi olahraga nasional,” kata Usman.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI Jakarta Slamet Abadi, yang mewakili Kepala  Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta, menyampaikan selamat bertanding dan berkompetisi kepada seluruh peserta kejuaraan panahan MAN 22. 

"Selamat bertanding. Junjung tinggi selalu sportivitas dalam berlomba,” ucap Slamet saat membuka acara. 

Selain dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Kanwil Kemenag DKI Jakarta, turut hadir tamu undangan dari Ketua KONI Jakarta Barat, Hermansyah Muhasyim, Ketua Suku Dinas Pendidikan Junaedi Damiri, serta Kapolsek Palmerah yang diwakili oleh Binmas Polsek Palmerah Suyatno. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.