Sukses

Cuaca Hari Ini Sabtu 18 Februari 2023: Jabodetabek Hujan Siang Nanti

Cuaca hari ini di akhir pekan, Sabtu (18/2/2023), langit pagi Jakarta hampir seluruhnya diprediksi turun hujan ringan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca hari ini di akhir pekan, Sabtu (18/2/2023), langit pagi Jakarta hampir seluruhnya diprediksi turun hujan ringan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan.

Siang nanti, berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), seluruh wilayah Jakarta diprakirakan hujan berintensitas ringan hingga sedang.

Tetapi langit cerah berawan, diprediksi ada di Ibu Kota Jakarta pada malam hari nanti.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Kep. Seribu, Jakut, Jakpus pada dini hari," terang BMKG.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat, pagi hari ini diprediksi diguyur hujan berintensitas ringan hingga sedang, lalu siang sampai malamnya berawan.

Berbeda, di Kota Bogor, Jawa Barat, pagi harinya diprakirakan berawan, siang sampai malam nanti hujan berintensitas ringan hingga sedang.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan terjadinya angin kencang antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kab dan Kota Sukabumi, Kota Depok, Kabupaten Cianjur," jelas BMKG.

Tak jauh berbeda, Kota Tangerang, Banten, pagi dan malam nanti diprediksi berawan, lalu siang harinya hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang bagian Barat, Kabupaten Tangerang bagian Selatan, dan Kota Tangerang Selatan," tegas BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu   Hujan Ringan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bekasi   Hujan Sedang  Berawan  Berawan
 Depok   Hujan Ringan  Berawan  Berawan
 Kota Bogor  Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Tangerang  Berawan  Hujan Ringan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Musim Hujan, Waspada Penyakit Menular

Pada masa peralihan musim atau pancaroba, masyarakat diminta untuk mewaspadai ancaman penyakit menular.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr Ngabila Salama, MKM, mengatakan, saat ini imunitas masyarakat terhadap Covid-19 mungkin saja bagus, namun belum tentu dengan penyakit menular lainnya.

"Tentunya (yang harus diwaspadai) adalah penyakit menular. Karena ini kan peralihan musim, penyakit menular ini banyak. Apalagi di era Covid-19 ini, mungkin imunitas kita terhadap Covid-19 bagus, tapi imunitas kita terhadap flu dan penyakit menular lain bisa jadi enggak bagus," ujar Ngabila, Minggu, 12 Februari 2023, dilansir Antara.

Saat pancaroba, jelas Ngabila, kelembapan jadi faktor utama yang membuat imunitas menurun. Sehingga berbagai jenis kuman dan virus penyebab penyakit bisa mudah masuk ke dalam tubuh.

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit dan komplikasi atau kematian, kata Ngabila.

Cegah sakit berarti melakukan berbagai upaya pencegahan seperti menerapkan pola hidup sehat, termasuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan memperhatikan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Pemakaian masker juga harus disiplin.

"Memang kalau enggak penyakit pernapasan, ya penyakit pencernaan. Berarti penularannya pasti lewat tangan, kemudian airborne, droplet, lewat udara. Jadi tetap disiplin bermasker, rajin cuci tangan, dan jaga kebersihan diri. Juga kebersihan makanan, minuman, dan lingkungan sekitar," jelasnya. 

3 dari 4 halaman

Makan Sayur dan Buah

Memperbanyak makan buah dan sayur sangat disarankan guna memenuhi asupan nutrisi. Selain untuk melengkapi menu sarapan, makan siang dan makan malam, buah juga penting dikonsumsi sebagai camilan.

Ngabila mengatakan, konsumsi buah disarankan lima porsi sehari.

"Disarankan lima porsi sehari, selain pada tiga porsi makan utama, selingannya antara pagi-siang dan siang-malam itu sebaiknya juga ngemil buah," jelas Ngabila.

4 dari 4 halaman

Tidur Cukup

Pola hidup CERDIK juga dianjurkan untuk diterapkan. CERDIK yakni cek kesehatan rutin, engahkan asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup 7-8 jam sehari, dan kelola stres.

Sedangkan dalam hal cegah komplikasi atau kematian adalah dengan deteksi dini dan peka terhadap kondisi tubuh. Jiak gejala penyakit tak kunjung membaik, maka sebaiknya segera periksa ke dokter dan minum obat yang diresepkan.

"Yang jelas, kalau dalam 2-3 hari keluhan misalnya batuk pilek kita tidak membaik atau bertambah berat. Kemudian misalnya demam di atas 38 derajat Celsius dan sudah istirahat 2-3 hari tapi tidak membaik atau bertambah berat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.