Sukses

Infografis Pesawat Susi Air Dibakar di Nduga Papua Diduga Ulah KKB

Berselang sehari, titik terang insiden pesawat Susi Air dibakar mulai terungkap dan disebut tidak ada penyanderaan oleh KKB Papua. Seluruh penumpang Susi Air berhasil dievakuasi. Sang pilot belum ditemukan, tapi terdeteksi keberadaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB diduga kembali berulah dan menyebarkan teror di Papua. KKB diduga membakar pesawat Susi Air bernomor penerbangan SI 9368 di Bandara Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa 7 Februari 2023.

Pesawat Susi Air dipiloti Kapten Philips Marthen. Pilot berkebangsaan Selandia Baru itu membawa 5 penumpang termasuk 1 bayi dan total muatan 452 kilogram. Kelima penumpang itu, yakni Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan​​​​​​​ Wetina W.

Menurut pihak Susi Air, pesawat Pilatus Porter PC 6/PK-BVY itu mendarat pada pukul 06.17 WIT di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, dari Timika. Selain pesawat ditemukan dalam posisi terbakar, saat itu kondisi pilot dan 5 penumpang dinyatakan hilang.

Laporan atas kejadian ini dibenarkan oleh Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri. "Memang benar ada laporan tentang pesawat milik Susi Air yang dibakar KKB di Paro, Kabupaten Nduga," ujar Irjen Pol. Mathius Fakhiri, Selasa 7 Februari 2023.

Berselang sehari, titik terang insiden mulai terungkap dan disebut tidak ada penyanderaan. "Tidak ada," ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Rabu 8 Februari 2023.

Seluruh penumpang Susi Air yang dibakar KKB Papua berhasil diamankan dan dievakuasi. "Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan sudah dievakuasi," Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan.

Adapun Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut tim gabungan TNI-Polri masih terus mencari keberadaan pilot Susi Air. Menurut Yudo, sang pilot hingga kini belum ditemukan, namun sudah terdeteksi keberadaannya.

Selain pesawat Susi Air dibakar, sebelumnya ada 4 insiden penembakan pesawat oleh KKB di Papua. Apa saja? Bagaimana ragam tanggapan pesawat Susi Air dibakar dan dugaan penyanderaan KKB Papua? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Pesawat Susi Air Dibakar di Nduga Papua Diduga Ulah KKB

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Insiden Penembakan Pesawat Ulah KKB di Papua

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Pesawat Susi Air Dibakar dan Dugaan Penyanderaan KKB Papua

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.