Sukses

Soal Reshuffle Kabinet, Jokowi: Yang Jelas Hari Ini Rabu Pon

Jokowi tidak memberi kepastian apakah dirinya akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini. Dia hanya menjawab bahwa hari ini adalah Rabu Pon.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi buka suara soal kabar dirinya akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, pada Rabu (1/2/2023) hari ini. Terlebih, hari ini merupakan Rabu Pon di mana biasanya Jokowi kerap melakukan reshuffle kabinet.

Jokowi tidak memberi kepastian apakah dirinya akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini. Dia hanya menjawab bahwa hari ini adalah Rabu Pon.

"Saya sudah sampaikan kan kemarin. Tadi malam sudah saya sampaikan. Yang jelas hari ini Rabu Pon," jelas Jokowi kepada wartawan di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa dirinya memiliki agenda di Bali pada sore nanti. Namun Jokowi tak menampik, jika masih memiliki agenda di Jakarta pada pagi dan siang harinya. Hanya saja presiden tidak menjelaskan detail agenda apa yang akan dijalaninya.

"Pagi siang masih di Jakarta, jadi ditunggu saja besok," ucap Jokowi saat ditemui usai menghadiri HUT ke-8 PSI di Jakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Jokowi 1 Februari 2023

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengungkap kegiatan Presiden Jokowi pada Rabu 1 Februari 2023 di tengah isu reshuffle kabinet.

"Pagi ada Mandiri Investment Forum, siangnya intern dan sorenya ke Bali," ujar Bey saat ditanya awak media di Istana Negara Jakarta, ditulis Rabu (1/2/2023).

Seperti diketahui, isu Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju kembali berhembus beberapa hari terakhir. Berembus kabar bahwa menteri-menteri dari Partai NasDem akan terkena reshuffle kabinet.

Saat ini, ada tiga menteri dari NasDem yang duduk di kursi kabinet. Ketiganya yakni, Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny G.Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Presiden Jokowi sendiri membuka kemungkinan akan kembali melakukan reshuffle atau perombakan kabinet di akhir masa jabatannya. Namun, Jokowi tak berbicara kapan reshuffle kabinet akan dilakukan.

"Mungkin (reshuffle). Ya nanti," kata Jokowi singkat kepada wartawan di Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

3 dari 3 halaman

Dua Menteri Nasdem Tak Ikut Rapat, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) mengenai masalah beras di Istana Negara, Selasa (31/1/2023).

Namun dua menteri asal NasDem, yaitu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya tidak hadir dalam rapat itu.

Terkait hal tersebut, Presiden Jokowi menjelaskan, kemungkinan Syahrul dan Siti tidak hadir karena berada di luar kota.

"Ya mungkin pas keluar kota," kata Jokowi di kawasan Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, dipanggilnya sejumlah menteri itu bukan terkait kabar reshuffle kabinet yang disinyalir hari ini. Kata dia, hanya membahas masalah yang perlu diselesaikan.

"oh ndak ndak (bukan karena reshuffle kabinet), ya biasa ada masalah-masalah yang harus kita selesaikan," tutup Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle