Sukses

Perayaan Imlek Nasional 2023, Heru: Saatnya Wujudkan Jakarta yang Maju dan Sejahtera

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam perayaan Tahun Baru Imlek Nasional Tahun 2023/2574 Kongzili di Taman Lapangan Banteng.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam perayaan Tahun Baru Imlek Nasional Tahun 2023/2574 Kongzili di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Pada kesempatan ini, Heru menyampaikan ucapan selamat merayakan Tahun Baru Imlek kepada seluruh masyarakat yang merayakan di Jakarta. Dia berharap Tahun Baru Imlek dapat semakin diterima masyarakat d ari berbagai lapisan, membudaya, dan membaur dalam keragaman masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Atas nama pribadi dan mewakili Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2023/2574 Kongzili kepada segenap umat Konghucu dan etnis Tionghoa di Jakarta. Tradisi ini menjadi upaya dalam mewarnai keberagaman yang multi etnis, adat istiadat, budaya, dan agama, serta semakin menumbuhkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan masyarakat," kata Heru dalam keterangan resminya.

Dengan tema 'Bersyukur, Bangkit dan Maju', Heru menilai perayaan Imlek pascapandemi ini dapat membawa pesan kepada masyarakat untuk selalu bersyukur atas nikmat sehat, saling peduli, dan menebarkan cinta kasih.

"Saatnya sekarang kita bisa bangkit bersama mewujudkan Jakarta yang lebih maju dan sejahtera. Semoga seluruh rangkaian acara perayaan ini dapat berlangsung sukses dan menjadi momentum untuk terus menjaga persatuan, kesatuan, serta memperkokoh tali silaturahmi antarsesama," ujar Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesetaraan dalam keberagaman adalah hal mutlak

"Kita juga ingin menunjukkan bahwa Jakarta adalah tempat yang ramah dan menerima segala bentuk tradisi, budaya yang ada di Indonesia. Sebagai barometer nasional, warga Jakarta telah menunjukkan bahwa kesetaraan dalam keberagaman adalah hal mutlak yang harus diwujudkan. Salah satunya dengan terselenggaranya perayaan Imlek Nasional tahun ini," tambahnya.

Acara ini diinisiasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Perhimpunan Tionghoa Kalbar Indonesia, dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI).

Tak hanya itu, megiatan ini juga mendukung program pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner dengan melibatkan lebih dari 700 UMKM kuliner yang berada di DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, kegiatan tersebut juga disemarakkan dengan Panggung Budaya Imlek yang menyajikan pentas berbagai kesenian dan kebudayaan Tionghoa yang telah berakulturasi dengan budaya setempat dan telah menjadi bagian dari budaya nusantara.

 

 

3 dari 3 halaman

Jokowi dan Megawati Hadiri Perayaan Imlek Nasional

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2023 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Jokowi mengenakan cheongsam bermotif batik. Turut ditemani Menteri BUMN Erick Thohir, Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 15.45 WIB.

Kehadiran Jokowi disambut atraksi barongsai hingga tarian jaipong. Selain Jokowi, turut hadir sejumlah tokoh nasional. Salah satunya Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yang ditemani Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Ketua Umum PDIP ini tiba di lokasi setelah Presiden Jokowi dengan menggunakan caddy. Terlihat, Jokowi dan Megawati duduk bersebelahan di kursi VVIP.

Selain itu beberapa tokoh nasional yang hadir adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.