Sukses

Jalan Pagi di Bundaran HI, Jokowi Kick Off ASEAN Indonesia 2023

Presiden Jokowi melakukan Kick Off Keketuaan ASEAN 2023, dengan berjalan pagi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan Kick Off Keketuaan ASEAN 2023, dengan berjalan pagi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Pantauan pukul 07.00 WIB, Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di Bundara HI dengan diiringi marching band.

Jokowi mengenakan pakaian lengan panjang putih dan topi hitam. Kepala negara pun menebar senyum menyambut warga yang antusias memanggil namanya.

Sebagai informasi, cuaca di lokasi kurang bersahabat, aspal pun terlihat basah imbas gerimis kecil yang turun. Namun demikian, kondisi tersebut tidak menyurutkan kegiatan yang berlangsung.

Dalam kegiatan kick off keketuaan Indonesia pada ajang ASEAN 2023 tersebut, jajaran menteri mendampingi Jokowi mulai dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Tampak hadir juga perwakilan duta besar dari masing-masing negara Asia Tenggara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Ketua ASEAN 2023, Indonesia Prioritaskan Penanganan Krisis Multidimensi

Indonesia telah resmi memegang posisi Chairmanship ASEAN 2023 pada 1 Januari 2023. Kali ini, Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matter: Epicentrum of Growth”. Indonesia menitikberatkan agenda prioritas ekonomi untuk penanganan krisis multidimensi yang diterjemahkan dalam 16 Priority Economic Deliverables (PED) dan 3 flagship events.

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi Pambudi menjelaskan, sesuai ketentuan Piagam ASEAN, penyelenggaraan KTT ASEAN telah diatur sebanyak 2 kali dalam satu tahun.

Sedangkan dalam 2 tahun terakhir yakni saat Keketuaan Brunei Darussalam (2021) dan Kamboja (2022), KTT ASEAN diselenggarakan secara back-to-back karena mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19.

Seiring dengan membaiknya kondisi Covid-19 di Indonesia maupun negara anggota ASEAN lainnya, Indonesia optimis dapat kembali menyelenggarakan KTT ASEAN sebanyak 2 kali yang direncanakan pada bulan Mei 2023 dan September 2023.

"Koordinasi pilar ekonomi yang kita lakukan adalah untuk memastikan bahwa semua target capaian ini dapat tercapai pada masa Keketuaan Indonesia," ungkap Edi dikutip dari keterangan tertulis, Senin (16/1/2023). 

Edi juga menekankan bahwa perlu dilakukan penyesuaian linimasa pencapaian target prioritas ekonomi khususnya yang akan disampaikan kepada Kepala Negara dalam KTT ASEAN ke-43 yang rencananya dilaksanakan pada September 2023.

Keseluruhan prioritas dan deliverables pada Chairmanship 2023 tersebut diharapkan juga dapat mendukung dan menjadi implementasi dari ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP) yang merupakan inisiatif Indonesia dalam merespon dinamika di kawasan Indo-Pasifik. AOIP memuat 4 area kerja sama, yakni konektivitas, maritim, pembangunan berkelanjutan, dan kerja sama ekonomi lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Edi juga menyampaikan beberapa kunci yang perlu diperhatikan untuk menyukseskan ASEAN Chairmanship di tahun 2023 mulai dari komunikasi yang intensif dengan para stakeholders hingga menjaga kekompakan dengan saling mendukung dan membantu antar Kementerian/Lembaga.

“Suksesnya ASEAN Chairmanship adalah kesuksesan kerja sama kita semua yang menangani dan diberikan tugas untuk ini. Mari kita ulangi kembali kesuksesan pada tahun 2022 lalu di tahun 2023 ini,” pungkas Deputi Edi.

3 dari 3 halaman

Pegang Chairmanship ASEAN 2023, Indonesia Usung Tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'

Indonesia mendapatkan mandat untuk memegang Chairmanship ASEAN 2023, hal itu dinyatakan dalam KTT ASEAN di Kamboja pada 13 November 2022.

Untuk melaksanakan mandat tersebut, Indonesia mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” yang sekaligus juga meresonansi keberhasilan Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022 lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan nakhoda dan navigasi Presidensi G20 di tengah berbagai situasi tantangan global telah mendapatkan apresiasi dari banyak negara dan Indonesia saat ini mempunyai kepercayaan yang tertinggi dari berbagai negara.

"Pemerintah juga terus mendorong ASEAN menjadi kawasan yang stabil dan damai untuk menjadi jangkar stabilitas perekonomian global,” kata Airlangga dikutip dari keterangan Kemenko Perekonomian, Kamis (5/1/2023).

ASEAN Matters sendiri terdiri dari 3 elemen penting yakni penguatan terhadap kapasitas dan efektivitas ASEAN, persatuan ASEAN, serta sentralitas ASEAN. Sementara itu, epicentrum of growth terkait dengan peran ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan dan dunia serta terdiri dari 4 elemen penting yakni arsitektur kesehatan, ketahanan energi, ketahanan pangan, dan stabilitas keuangan.

Dia menyampaikan, Indonesia mengangkat tiga isu prioritas bidang ekonomi yaitu recovery and rebuilding, digital economy, dan sustainability yang implementasinya diterjemahkan ke dalam 16 (enam belas) Priority Economic Deliverables (PED) selama tahun 2023.

”Keketuaan Indonesia di ASEAN akan menitikberatkan pada penanganan krisis multidimensi seperti krisis pangan, energi, dan keuangan,” kata Menko Airlangga.

Indonesia juga akan berupaya untuk memperkuat posisi ASEAN sebagai kawasan yang stabil dan damai, menjunjung tinggi hukum internasional, serta memperkuat kerja sama sehingga ASEAN mampu menjadi kawasan yang kuat, inklusif, dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Melalui peran penting sebagai Chairmanship ASEAN 2023, semakin menegaskan posisi Indonesia sebagai global middle power yang secara substansial mampu mempengaruhi agenda global sekaligus menjadi bagian dari solusi permasalahan global.

“Bapak Presiden Joko Widodo percaya bahwa pada tahun 2045, ASEAN akan menjadi kelompok negara yang lebih adaptif, responsif, kompetitif, sejalan dengan agenda global ASEAN,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.