Sukses

Ini Daftar 10 Tol Baru yang Dibuka Gratis Selama Libur Nataru

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka 10 jalan tol baru untuk mendukung kelancaran liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka 10 jalan tol baru untuk mendukung kelancaran liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). 10 jalan tol baru tersebut bisa diakses secara gratis.

"SahabatPUPR ada kabar gembira nih. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, 10 jalan tol baru dibuka gratis, lho!" tulis Kementerian PUPR dilihat dalam akun Instagram resminya @KemenPUPR, Minggu (25/12).

Berikut 10 jalan tol baru yang dibuka secara gratis selama Nataru:

1. Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung

2. Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3

3. Jalan Tol Becakayu Seksi 2A

4. Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2

5. Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar

6. Jalan Tol Japek II Selatan Seksi 3

7. Jalan Tol Ciawi Sukabumi Seksi 2

8. Jalan Tol Kuala Tanjung-Parapat Seksi 1 dan 2

9. Jalan Tol Cijago Seksi 3A

10. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6

Sementara itu, dalam postingan lainnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengucapkan selamat hari Natal dan Tahun Baru. Basuki pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang membantu kelancaran aktivitas pada masa Nataru.

"Semoga kita semua senantiasa selalu di dalam lindungan dan ridho Tuhan Yang Maha Esa," ucap Basuki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Melonjak

Memasuki musim libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), banyak masyarakat berlibur ke luar daerah atau pulang kampung. Hal itu dapat dilihat dari kenaikan jumlah penumpang di Terminal Jatijajar, Kota Depok.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Jatijajar, Asri Sinuraya mengatakan, pihaknya telah menyiapkan posko pelayanan dalam rangka menghadapi musim libur Nataru 2023. Nantinya posko tersebut akan memberikan pelayanan kepada penumpang yang akan bepergian.

“Kita sudah buatkan posko nantinya akan melayani masyarakat semaksimal mungkin,” ujar Asri saat ditemui Liputan6.com, Rabu (21/12/2022).

Asri menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang sudah terlihat sejak Sabtu pekan kemarin. Rata-rata jumlah penumpang per hari mencapai 900 orang dari sebelumnya hanya 650 penumpang per hari dengan tujuan sejumlah kota di Pulau Sumatera dan Jawa.

“Diprediksi lonjakan penumpang bisa mencapai 1.100 hingga 1.200 penumpang per hari,” jelas Asri.

Kemungkinan lonjakan penumpang tertinggi akan terjadi pada Jumat 23 Desember mendatang. Hal itu dikarenakan libur Natal dan Tahun Baru sedikit berbeda dibandingkan pada libur mudik lebaran.

Keberangkatan armada bus di Terminal Jatijajar, Depok terjadi sejak pagi hingga pukul 10.00 WIB dan pukul 12.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. 

“Adanya penambahan jumlah penumpang mempengaruhi jumlah armada bus yang diberangkatkan,” ucap Asri.

Reporter: Muhammad Genantan Saputrato/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.