Sukses

Wujudkan Resolusi Emas, Pegadaian Gelar Webinar Bersama Zaskia Adya Mecca

Ragam tips diberikan oleh Pegadaian dan Zaskia Adya Mecca untuk mengoptimalkan aset yang dimiliki dengan melakukan investasi emas.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu instrumen investasi yang terbilang aman dan menguntungkan adalah emas. Dengan sifatnya yang anti inflasi, emas menjadi aset yang paling aman dan 'save heaven' untuk masyarakat di setiap kondisi.

Guna memberikan pemahaman terkait dengan investasi emas, Pegadaian menggelar webinar dengan tajuk ‘Wujudkan Resolusi Emas’. Dalam webinar tersebut, ragam tips diberikan untuk mengoptimalkan aset yang dimiliki dengan melakukan investasi emas. Selain itu, turut diberikan pula pengetahuan seputar bagaimana membangun bisnis dan resolusi finansial dalam menyambut tahun 2023 yang telah menghitung hari.

Turut hadir dalam webinar kali ini, Departemen Produk Gadai Buyung Purwanto dan public figure sekaligus entrepreneur Zaskia Adya Mecca. Mereka berdua memberikan paparan yang edukatif terkait bagaimana memilih investasi yang tepat, terutama investasi emas.

Langkah Memulai Bisnis ala Zaskia Adya Mecca

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resolusi Finansial dan Investasi Emas

Dalam kesempatan tersebut, Zaskia Adya Mecca menceritakan bagaimana suka dan dukanya ketika menjadi entrepreneur, langkah yang harus diambil dalam menjalankan usaha untuk pertama kali, dan hal-hal yang harus dihindari ketika menjalankan roda bisnis.

Menurut ibu dari enam orang anak tersebut, proses awal dalam membangun bisnisnya karena dipicu oleh dua hal, yaitu menikah dan anak-anak. Ia memutuskan untuk tidak bekerja di bidang yang sama dengan sang suami agar bisa memiliki banyak waktu dengan anak-anak.

Ketika sudah tidak bekerja di dunia seni peran, Zaskia pun memutuskan untuk memulai usahanya yang pertama. Dari usahanya tersebut, ia mengungkapkan ada tiga hal yang menjadi tantangan besar, seperti teknologi, waktu, dan konsistensi.

Zaskia mengatakan bahwa sebagai seorang entrepreneur, kita harus terus mengikuti perkembangan teknologi yang sedang berjalan dan menguatkan konsistensi dalam menjalankan roda bisnis.

"kita harus mengikuti perkembangan zaman dan up to date dengan perkembangan yang terjadi. Dan yang terpenting, konsistensi diharuskan dalam menjalani usaha," tuturnya.

"Kalau sudah memulai usaha, kita harus tentukan branding usaha, berani, mau terjun langsung dan terus belajar, serta punya seseorang yang bisa dipercaya," lanjut Zaskia.

Guna menghindari kegagalan dalam berbisnis dan bisa merugikan diri sendiri, Zaskia juga mengingatkan untuk mencari partner yang mengisi kekurangan diri supaya tidak tumpang tindih dan tidak terjadi benturan idealisme.

Ia juga mengingatkan bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari ketika ingin membuka usaha untuk pertama kali. Seperti dilakukan tanpa riset, tidak tahu positioning, dan menginginkan untung besar dan cepat.

"Setelah kita tahu mau jual ke siapa dengan riset, kita harus mengetahui target market-nya siapa. Jadi kita harus tahu jual ke siapa, di mana, tentukan positioning, dan caranya bagaimana," ungkap Zaskia.

Resolusi menjadi cara yang tepat dalam membuka lembaran di tahun yang baru. Banyak orang yang menyusun resolusi untuk menciptakan perubahan, baik secara kesehatan, kehidupan sosial, dan finansial.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jakpat pada periode 23-24 Desember 2021, 5 dari 10 resolusi masyarakat Indonesia berkaitan dengan hal finansial, seperti menabung, menyiapkan dana darurat, dan investasi.

Guna mewujudkan resolusi finansial, kita harus mengatur pos keuangan, memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, mempersiapkan dana darurat, melakukan investasi, dan cerdas dalam memilih lembaga keuangan.

Dan salah satu yang penting diperhatikan adalah memilih lembaga keuangan untuk mengoptimalkan aset yang dimiliki. Departemen Produk Gadai Buyung Purwanto mengatakan bahwa Pegadaian hadir sebagai solusi keuangan yang cepat, aman, dan murah.

"Pegadaian hadir agar resolusi finansial 2023 bisa tercapai dan Pegadaian siap untuk membantu. Ketika kita butuh dana mendadak, Pegadaian hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Gadai Peduli Pegadaian

Ia juga mengatakan bahwa Pegadaian sangat dekat dengan masyarakat, khususnya dengan para pelaku UMKM. Itu terlihat dari berbagai keunggulan yang dihadirkan oleh Pegadaian.

"Pegadaian memberikan jangka waktu yang fleksibel, bisa dicicil dan ulang gadai, serta aman dan terjamin," kata Buyung.

"Dengan keunggulan tersebut, dapat digunakan sebagai modal usaha dan mewujudkan resolusi finansial di tahun 2023 mendatang," tambahnya.

Menabung Emas di Pegadaian (Sahabat Pegadaian)

Pegadaian juga menghadirkan pembiayaan dalam bentuk Pegadaian Cicil Emas dan Pegadaian Tabungan Emas. Dua pembiayaan tersebut dapat membuat optimalisasi aset guna mewujudkan resolusi finansial semakin tercapai.

Dalam Pegadaian Cicil Emas, pembiayaan kepemilikan emas batangan untuk masyarakat tersebut memberikan beragam fitur pembayaran hingga paket bundling asuransi. Selain itu, emas juga dijamin keasliannya, DP ringan mulai dari 10 persen, angsuran tetap meski harga emas naik, dan bisa digunakan untuk personal atau kelompok arisan.

Dan untuk Pegadaian Tabungan Emas, layanan penitipan saldo emas tersebut memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam berinvestasi emas. Pegadaian juga menjamin keaslian emas dan menjamin 100 persen emas fisiknya, saldo emas dapat dicetak, digadai, dijual, atau di-transfer.

Investasi emas di Pegadaian semakin dipermudah dengan hanya melakukan transaksi lewat genggaman tangan. Dengan aplikasi Pegadaian Digital, Anda bisa mulai menabung emas, gadai emas, cicil emas, titip emas, hingga cek harga emas.

Zaskia pun mengatakan bahwa investasi emas di Pegadaian Digital sangat mudah dan praktis. Ia menceritakan bahwa sudah tiga tahun menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan investasi emas.

"Awalnya aku investasi emas lewat Pegadaian Digital. Setiap aku dapat uang, aku sisihkan entah 50 ribu, 100 ribu, atau 200 ribu. Prosesnya sangat mudah dan cepat untuk investasi emas di Pegadaian Digital," tuturnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.