Sukses

Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Presiden Jokowi meminta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI yang saat ini berada di posisi paling tinggi. Salah satunya meningkatkan profesionalitas di tubuh TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin 19 Desember 2022. Pelantikan Laksamana Yudo Margono berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia

Yudo Margono menggantikan posisi Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada Desember 2022. Yudo sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL sejak Mei 2020. Nama Yudo lalu dikirim oleh Presiden Jokowi ke DPR sebagai calon Panglima TNI tunggal pengganti Andika Perkasa.

Dalam pesannya, Presiden Jokowi meminta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI yang saat ini berada di posisi paling tinggi. Salah satunya dengan meningkatkan profesionalitas di tubuh TNI.

"Menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI yang sekarang sudah paling tinggi. Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan," ujar Jokowi usai pelantikan Laksamana Yudo Margono di Istana Negara.

Salah satu gebrakan awal, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan mengevalusi soal pengurangan prajurit TNI di Papua. Karena itu, dia akan berkunjung ke Papua untuk melihat langsung kondisi keamanan di Papua.

"Ya nanti tentunya akan kita evaluasi dulu, baru nanti saya laporkan ke Bapak Presiden situasi yang ada. Nanti saya kan kesempatan pertama akan datang ke sana bersama kepala staf angkatan untuk melihat secara nyata apa sih sebenarnya yang terjadi di sana," ucap Yudo usai dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Apa saja pesan penting Presiden Jokowi ke Panglima TNI Laksamana Yudo Margono? Apa yang menjadi prioritas awal Laksamana Yudo Margono? Bagaimana ragam tanggapan menanti gebrakan awal Panglima TNI yang baru tersebut? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

3 dari 4 halaman

Infografis Jenderal Andika Perkasa Serahkan Tongkat Komando Panglima TNI ke Laksamana Yudo Margono

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Menanti Gebrakan Awal Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.