Sukses

Jokowi Targetkan Pembangunan 60 Bendungan Rampung Akhir 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan pembangunan 60 bendungan di sejumlah daerah di Indonesia rampung pada akhir 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan pembangunan 60 bendungan di sejumlah daerah di Indonesia rampung pada akhir 2024. Hingga kini, sudah 30 bendungan yang sudah diresmikan oleh pemerintah.

"Pemerintah menargetkan pembangunan sekitar 60 bendungan sampai akhir 2024. Hari ini, saya meresmikan bendungan ke-30 yakni Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Selasa (20/12/2022).

Adapun Bendungan Semantok dibangun sejak tahun 2017 dengan nilai investasi mencapai Rp2,5 triliun. Kapasitas tampungnya sangat besar yaitu 32,67 juta meter kubik dengan luas genangan 365 hektare.

Jokowi menyebut bendungan ini akan mengairi sekitar 1.900 hektare sawah. Menurut dia, ketersediaan air merupakan kunci keberhasilan banyak sektor, dari pariwisata hingga pertanian.

"Dengan makin banyaknya bendungan yang dibangun, saya berharap produksi pertanian kita makin baik, kesejahteraan petani Indonesia pun meningkat," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Bendungan Semantok berada di Desa Sambikerep dan Desa Tritik, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pembuatan Waduk Semantok ini merupakan mega proyek nasional yang langsung diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Bendungan Semantok memiliki peran penting mulai dari pencegah atau pengendali banjir, sarana pengairan atau irigasi persawahan di lingkungan sekitar, hingga sarana pendukung untuk infrastruktur pembangkit listrik layaknya PLTA.

Selain sebagai penyedia air baku sebesar 312 liter per detik, bendungan dengan volume tampung 32,67 juta meter kubik ini dapat memasok air untuk irigasi sawah seluas 1.900 hektar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Ketahanan Air dan Pangan

Bendungan yang bakal memperkuat ketahanan air dan pangan di Nganjuk dan sekitarnya ini memiliki panjang mercu bendungan 3.100 meter.

Bendungan bertipe urugan random tanah tipe zonal dengan inti tegak ini memiliki tinggi 38,5 meter. Nantinya pun bendungan ini memiliki luas area genangan 365 hektar, sehingga pada saat musim kemarau bendungan ini dapat menyuplai air.

Tak hanya itu, kehadiran Bendungan Semantok juga dapat memberikan manfaat sebagai pengendali banjir, karena daya tampungnya yang besar hal ini membuat bendungan dapat menahan air yang berlimpah saat musim hujan.

Adanya bendungan ini juga nantinya untuk pemeliharaan sungai di hilir bendungan sebesar 30 liter/detik dan mereduksi banjir 30 persen di Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.