Sukses

Soal Capres PDIP, Hasto: Tidak Hanya Berdasar Elektoral Saja

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa keputusan soal calon presiden-calon wakil presiden yang diusung partainya hanya akan disampaikan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa keputusan soal calon presiden-calon wakil presiden yang diusung partainya hanya akan disampaikan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hal itu disampaikan Hasto menjawab pertanyaan wartawan soal kemungkinan waktu deklarasi calon presiden dari PDIP.

“Ibu Mega yang nanti akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan PDI Perjuangan,” kata Hasto dalam keterangannya, Jumat (16/12/2022).

Lebih lanjut, Hasto membeberkan bahwa PDIP takkan memilih capres-casapres hanya berdasarkan aspek elektoral semata. Namun juga didasarkan pada karakter calon pemimpin, dan bagaimana kinerjanya.

Selain itu, akan diperhitungkan pula aspek kedekatan antara calon pemimpin dengan rakyat yang akan diayominya.

“Kalau dari PDI Perjuangan jelas keputusan tidak hanya berdasarkan aspek elektoral, tapi juga didasarkan karakter pemimpin, kinerja pemimpin, dan bagaimana pemimpin itu menyatukan dengan kekuatan rakyat lalu mampu memberikan jawaban atas berbagai masalah rakyat, dan memiliki desain bagi masa depan. Itu tugas pemimpin,” urai Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Momentum

Terkait waktu pengumuman atau deklarasi, Hasto kembali tidak menjawab secara gamblang.

“Nanti menunggu momentum yang baik,” jawab Hasto.

Menurut Hasto, momentum yang baik untuk deklarasi itu sendiri harus memperhatikan berbagai aspek. Termasuk aspek politik, kondisi sosial ekonomi masyarakat, kondusivitas sosial, hingga kerja sama antar parpol.

“Bahkan harus dilihat bagaimana dinamika politik internasional. Tentu juga dilihat kesiapan partai, kesiapan pendukungnya, semua dilihat."

"Yang jelas saat ini kita lagi fokus ke penanganan masalah ekonomi, masalah pandemi. Kan masih ada waktu mengambil keputusan pada momentum terbaik,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.