Sukses

Jokowi Bakal Sholat Idul Adha di Semarang dan Silaturahmi dengan Kawan Lama Besok, Senin 17 Juni 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menunaikan ibadah sholat Idul Adha di Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menunaikan ibadah sholat Idul Adha di Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Hal itu dibenarkan oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dikonfirmasi.

Menurut Ngabalin, ada sejumlah pertimbangan mengapa Presiden Jokowi memilih Semarang menjadi lokasi sholat Idul Adha besok, Senin 17 Juni 2024. Salah satunya, kata dia, terkait agenda kunjugan kerja.

"Pertama kunjungan kerja, kedua memang perjalanan presiden semua direncanakan karena selama jadi presiden dua periode hari hari besar Islam hampir presiden tidak pernah ada di wilayah seperti Jawa Tengah (Semarang) itu," ujar Ngabalin seperti dikutip Minggu (16/6/2024).

Menurut dia, di penghujung masa baktinya, Jokowi sangat ingin bertemu dengan kawan lama. Oleh karena itu, lanjut Ngabalin, Jokowi besok akan bersilaturahmi dengan sejumlah rekannya di Semarang.

"Ini sebagai sapaan beliau kepada teman, kawan, sahabat yang lebih banyak di Jawa Tengah kemudian momentumnya juga bisa untuk lebih banyak lebih dekat untuk bersilaturahmi," ucap dia.

Ngabalin memastikan, agenda presiden besok tidak dadakan dan sudah dikonsultasikan agar berjalan baik.

"Ini memang kami bicarakan pada waktu mengagendakan rapat kemudian mengkonsultasikan ini kepada presiden," dia menandasi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Solo pada Jumat 14 Juni 2024.

Pada hari selanjutnya, Sabtu 15 Juni 2024, Jokowi mengajak kedua cucunya yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah jalan-jalan ke Mal Solo Paragon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Pulang ke Solo, Main Bersama Cucu

Pada kesempatan tersebut, Jokowi terlihat berbusana santai dengan mengenakan atasan kaos lengan panjang berwarna putih dan celana panjang hitam. Rombongan tersebut tiba di Mal Solo Paragon pada pukul 12.46 WIB. Demikian dikutip dari Antara.

Mereka lantas membeli beberapa mainan anak-anak. Sembari mengantarkan kedua cucunya yang merupakan putra Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Presiden Jokowi juga nampak ramah menerima ajakan swafoto dari para pengunjung mal.

Sebelumnya kepulangan Presiden Joko Widodo ke Solo disampaikan oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

"Jumat sore Pak Presiden tiba di Solo. Saya kurang tahu persis, namun ada acara keluarga di sana," kata Teguh.

Sementara itu sesuai jadwal maka Presiden Jokowi akan menjalankan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang.

Ketua PP MAJT Prof KH Noor Achmad mengatakan rencana kedatangan Presiden di MAJT disambut antusias oleh jamaah dan masyarakat di Jawa Tengah. Ia mengatakan kedatangan Presiden akan menjadi kebanggaan bagi umat Islam di Jawa Tengah.

"Kehadiran beliau di MAJT sudah lama ditunggu masyarakat Jawa Tengah, khususnya jamaah MAJT. Alhamdulillah segera terwujud saat Shalat Idul Adha nanti," katanya.

Usai sholat Idul Adha, Jokowi akan menyerahkan hewan kurban berupa Sapi Limosin jantan dengan bobot 1,23 ton kepada panitia.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Salurkan 68 Ekor Sapi untuk Idul Adha 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan 68 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Adapun 68 ekor sapi itu disalurkan ke setiap provinsi di Indonesia, Masjid Istiqlal, hingga Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

"Saya bersama Bu Deputi bersama Pak Karo berkoordinasi dengan seluruh para gubernur, Pj Gubernur untuk menyampaikan bantuan penyerahan kemasyarakatan Presiden berupa sapi dalam rangka Hari Raa Idul Adha 1445," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 14 Juni 2024.

"Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN 1 dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden," sambungnya.

Dari total 68 sapi kurban, Jokowi menyalurkan 38 ekor untuk pemerintah provinsi seluruh Indonesia. Kemudian, 1 ekor sapi untuk Masjid Istiqlal dan 1 ekor sapi untuk OIKN.

Selanjutnya, 1 ekor sapi untuk masjid tempat Jokowi melaksanan sholat Idul Adha. Selain itu, Jokowi juga menyalurkan 27 ekor sapi untuk tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat pemprov Kalimantan Timur, serta masjid dan pondok pesantren sekitar IKN.

"Mungkin termasuk beberapa nanti di OIKN sesuai arahan beliau (Presiden) kita tambahkan sapi, termasuk juga sapi ketika beliau akan solat Idul Adha yang kemungkinan sedang dibahas tempatnya di mana," jelas Heru.

Menurut dia, sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 800 kilogram hingga 1 ton. Jenis sapi yang disumbangkan bervariasi mulai dari, simmental, pranakan ongole, brangus, bali, hingga limosin.

"Jadi kurang lebih artinya, lebih dari 36 sapi yang beratnya bermacam-macam. Jadi bervariasi dari 800 sampai 1 ton," jelas Heru Budi.

 

4 dari 4 halaman

Hari Raya Idul Adha, Presiden Jokowi Pilih Kurban Sapi Limosin

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali akan mengurbankan seekor sapi di wilayah Sulawesi Selatan. Sapi jenis limosin itu bakal dikurbankan di wilayah Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone pada perayaan Iduladha 1445 hijriah, Senin 17 Juni 2024.

"Sapi kurban dari Pak Jokowi akan dipotong di daerah Bone. Rencananya di sekitar Kecamatan Tanete Riattang," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, Nurlina Saking kepada wartawan, Senin 10 Juni 2024.

Saat ini, lanjut Nurlina, pihak Sekretariat Negara (Setneg) tengah mengecek sapi yang bakal dikurbankan oleh Jokowi pada Idul Adha kali ini. Pengecekan itu berupa pemeriksaan kesehatan dan penentuan harga.

"Hari ini prosesnya oleh Setneg dicek untuk kelayakan. Sudah diperiksa Alhamdulillah sehat. Kalau dari segi anggaran Setneg dalam proses finalisasi menetapkan sapi itu sudah siap jadi ternak kurban," ucap dia.

Nurlina mengaku belum mengetahui persis harga sapi yang akan dikurbankan oleh orang nomor satu di Tanah Air itu. Namun ia memastikan bahwa sapi jenis limosin itu memiliki bobot lebih dari 1 ton.

"Jenisnya limosin, beratnya 1 ton lebih. Kita belum bisa tetapkan berapa (harganya), mungkin di atas Rp80 juta," jelasnya.

Untuk diketahui, pada Iduladha tahun lalu, Presiden Jokowi juga berkurban di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kala itu Jokowi mengurbankan sapi limosin seberat 1,06 ton yang dibeli dengan harga Rp95 juta.

Selain itu, Presiden Jokowi pulang ke Solo, Jawa Tengah (Jateng) jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024. Presiden Jokowi tiba di Solo pada Jumat 14 Juni 2024, melansir Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.