Sukses

Viral Bus Transjakarta Mangkrak, Ini Kata Disbub DKI Jakarta

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo buka suara soal beredar foto di media sosial Twitter mengenai puluhan bus Transjakarta tipe low entry yang tidak dioperasikan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo buka suara soal beredar foto di media sosial Twitter mengenai puluhan bus Transjakarta tipe low entry yang tidak dioperasikan.

Diketahui, berdasarkan foto yang diunggah akun Twitter @BisKota_ pada Selasa, 13 Desember 2022 itu, nampak foto diambil di Pool Transjakarta Pinang Ranti sekitar jam 17.00 WIB atau jam sibuk pulang kantor.

Menanggapi hal itu, Syafrin menyatakan tak ada bus Transjakarta yang mangkrak. Dia menyebut foto yang beredar diambil ketika layanan off pick saat bus ditarik ke pool.

"Jadi memang di layanan Transjakarta, ada prinsip layanan off pick dan pick. Jadi pada saat pick semua bus akan dioperasionalkan," kata Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Dia menyebut sistem layanan off pick dan pick mengatur jam operasional bus pada jam-jam tertentu. Bus yang sudah beroperasi dari pagi, maka di atas jam 10.00 WIB saat telah menurunkan penumpang bus akan memasuki waktu off pick dan ditarik ke pool.

"Pada saat off pick, kapan itu? Misalnya pada pagi hari itu diatas jam 10 dimana penumpang sudah mulai turun maka kendaraan itu kemudian ditarik ke pool," terang dia.

Selanjutnya, saat memasuki jam layanan pick, maka bus akan beroperasi kembali di waktu siang atau pun petang sesuai kebutuhan. Sehingga, tak ada bus yang mangkrak.

"Siang hari pada mulai masuk pick siang atau pun pick sore ini dioperasionalkan kembali jadi tidak mangkrak," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Evaluasi

Saat ditanyai soal anggota dewan yang meminta pihaknya dan Transjakarta diaudit, Syafrin menyampaikan bahwa Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah menugaskan pihaknya untuk melakukan evaluasi terhadap layanan transportasi di Ibu Kota.

"Kan sejak awal Pak Pj Gubernur semenjak bertugas sudah menugaskan kepada kami untuk melakukan evaluasi terhadap layanan tidak hanya Transjakarta, transportasi di Jakarta," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.