Sukses

Sandiaga Doakan Usaha Kaesang Kian Maju Usai Menikah dengan Erina

Sandiaga pun berharap agar Kaesang dan istrinya, Erina Gudono diberikan keturunan yang saleh dan shalehah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendoakan agar usaha Kaesang Pangarep semakin maju usai menikah dengan Erina Gudono. Dia meyakini pintu rezeki akan semakin banyak pasca menikah.

"Mudah-mudahan setelah nikah ini usahanya tambah maju karena rezekinya bertambah setelah nikah dan sebagai pengusaha saya sendiri merasakannya, ada aja rezekinya," jelas Sandiaga usai menghadiri tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaraan Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

"Mudah-mudahan usahanya Mas Kaesang bisa buka peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang banyak," sambung dia.

Dia pun berharap agar Kaesang dan istrinya, Erina Gudono diberikan keturunan yang saleh dan shalehah. Sandiaga mengusulkan agar Kaesang dan Erina memiliki tiga anak.

"Luar biasa tentunya di saat yang berbahagia kita mendoakan Mas Kaesang Mbak Erina sakinah mawadah warrahmah, diberikan keturunan yang saleh dan salelah," ujarnya.

Menurut dia, tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu sangat unik sebab digelar di keraton. Sandiaga menilai hal ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat yang hendak menggelar pernikahan, baik dari venue maupun makanan lokalnya.

"Tentunya uniknya ini pernikahannta digelar di keraton dan kita punya banyak keraton di wilayah nusantara. Ini menjadi inspirasi untuk wedding, untuk pernikahan dan kulinernya yang ditampilkan kuliner lokal kuliner nusantara yang hanya 2, enak dan enak banget," tutur Sandiaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

20 Ribu Relawan Jokowi Meriahkan Pernikahan Kaesang-Erina

Panitia Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Bahlil Lahadalia mengatakan, 20.000 relawan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, memeriahkan rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Mereka datang dari Aceh hingga Papua.

"Mereka datang secara sukarela dari mulai Aceh hingga Papua. Dan kami pun senang melayani Beliau semua," ujar Bahlil di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu.

Adapun rangkaian hajatan putra bungsu Jokowi itu dijadikan sebagai Pesta Budaya. Bahlil menyebut Pesta Budaya ini juga mengajak partisipasi UMKM, abang becak, hingga para penarik andong.

"Untuk itu, masyarakat diharapkan membeli produk - produk UMKM itu. Sebanyak 400 abang becak dan andong kami ajak berpartisipasi. Seluruhnya kita libatkan," kata Bahlil.

Sementara itu, Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir menyampaikan Festival Budaya yang dilangsungkan selama rangkaian hajatan pernikahan telah berhasil menghidupkan kembali tradisi dan ritual leluhur yang telah lama tidak terlihat di masyarakat.

Salah satunya, kirab Kaesang-Erina yang berlangsung dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran, Solo.

"Ini budaya yang sangat jarang kita ingat, bahkan sudah puluhan tahun tidak pernah diulang. Orang sudah lama sekali tidak melihatnya," ujar Erick.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina menjalani proses ngunduh mantu di rumah dinas Walikota Surakarta, Loji Gandrung pada Minggu pagi tadi. Setelah itu, keduanya didampingi keluarga melakukan proses kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaraan.

 

3 dari 3 halaman

Anies Baswedan Hadiri Tasyakuran Pernikahan Kaesang dan Erina

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara tasyakuran pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). Anies datang bersama sang istri, Ferry Farhati.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Anies Baswedan dan istrinya tampak mengantre untuk bersalaman dengan Kaesang dan Erina di pelaminan. Anies yang memakai setelan jas pun menyalami Jokowi, Ibu Negara Iriana, Kaesang dan Erina serta keluarganya.

Namun, Anies dan istrinya tidak melakukan sesi foto bersama dengan Kaesang-Erina. Ibu Erina sempat memberi tempat kepada Anies untuk berfoto bersama.

Namun, Anies tak jadi berfoto bersama dengan kedua mempelai dan langsung berpamitan. Hal ini dikarenakan antrean tamu untuk bersalaman dengan Kaesang dan Erina semakin panjang.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina menjalani proses ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung pada Minggu pagi tadi. Setelah itu, keduanya didampingi keluarga melakukan proses kirab dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaraan.

Sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju pun telah hadir di acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina. Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.