Sukses

Ferdy Sambo Jadi Saksi Sidang Kasus Brigadir J, Hakim: Keterangannya Tak Masuk Akal

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo duduk sebagai saksi terhadap Terdakwa Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal dan Richard Eliezer alias Bharada E dalam kasus pembunuhan Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Kepada Sambo, Majelis Hakim menyatakan apa yang disampaikan Sambo tidak sinkron dan tidak masuk akal usai mengetahui istrinya, Putri Candrawathi mengaku menjadi korban perkosaan.

“Cerita saudara tidak masuk akal, dari CCTV, Putri tidak menunjukkan sakit, dia mau isoman (isolasi mandiri) tapi saudara tidak tahu dengan siapa saja,” ujar ketua majelis hakim, Wahyu Imam Santosa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Hakim mengaku bingung, Putri yang menyampaikan tengah tidak enak badan karena peristiwa terkait terlihat biasa saja dan Sambo tidak menunjukkan sikap gelisah saat Putri berangkat ke tempat Isoman tanpa tahu siapa yang mengawal dan tanpa tahu apakah terduga pelaku kekerasan seksual terhadap istrinya yakni Yoshua, juga ikut atau tidak.

Bahkan, lanjut hakim, cerita yang tidak lebih tidak masuk akal, Susi yang ikut dalam rombongan Magelang tidak bersama melakukan isolasi mandiri. Padahal semua yang pulang dari Magelang ikut ke Rumah Duren Tiga.

“itu tidak masuk akal, kenapa? karena ada Kuat, Susi, Eliezer lalu Ricky dan Yoshua (rombongan Magelang) dan saat ke rumah Duren Tiga, mereka pergi tanpa susi padahal mau isoman,” heran Hakim Wahyu

Mendengar hal itu, Sambo menegaskan, dirinya tengah di ruang kerja membereskan berkas kerjaan saat sang istri pamit untuk isoman.

“Saudara tidak tanya dengan siapa saja?,” tanya hakim.

“Tidak yang mulia,” jawab Sambo menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ferdy Sambo Ceritakan Momen Saat Putri Candrawathi Mengaku Diperkosa Brigadir J

Sebelumnya, Ferdy Sambo menyampaikan, bagaimana detik-detik Putri Candrawathi, istri dari Sambo menceritakan kejadian dugaan kekerasan seksual yang menimpanya di Magelang.

“Kamu mau cerita apa? Lalu kami bertemu di lantai 3 dan istri saya mulai menangis,” kata Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Sambo lalu menyampaikan, bahwa istrinya telah diperkosa. Insiden tersebut terjadi usai dirinya pulang dari Magelang pada 7 Juli 2022. Putri yang tengah beristirahat kemudian dikejutkan dengan kehadiran Yoshua yang sudah berada di dalam kamar.

“Waktu itu istri saya tidur dan tiba-tiba Yoshua sudah ada di kamar. Yoshua melakukan perkosaan kepada istri saya dan melakukan pengancaman terhadap istri saya, saya tidak kuat mendengar istri saya, saya emosi dan saya tidak bisa berkata-kata, dia terus menangis, dia juga kaget kenapa Yoshua bisa begitu ke istri saya,” urai Sambo.

Sambo menyatakan, insiden tersebut menjadi pukulan berat sebagai pejabat Polri. Dia pun lalu mengonfirmasi hal tersebut kepada sejumlah ajudannya yang mendampingi sang istri di Magelang. Namun tidak ada satu pun ajudan yang mengetahui insiden tersebut.

“Saya panggil Rikcy datang ke lantai.3 saya tanya apakah kamu tau ibu dilecehkan Yoshua? siap saya tidak tahu, saya bilang kamu siap tidak backup saya saat konfirmasi ke Yoshua apa bila saya butuhkan? kamu siap nembak tidak kalau dia melawan? dia jawab saya tidak siap jenderal,” beber Sambo.

Pertanyaan senada juga disampaikan kepada Richard Eliezer. Namun saat itu, Richard mengatakan siap saat ditanya pertanyaan senada.

“Siap, saya siap nembak,” jelas Sambo menirukan jawaban Richard.

Usai insiden tersebut, terjadilah peristiwa kematian Yoshua Hutabarat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS