Sukses

Jokowi Hadiri Rapat Persiapan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo

 

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono, Presiden Jokowi menggelar rapat kumbokarnan di Solo. Rapat dihadiri sejumlah panitia yang terlibat dalam prosesi ngunduh mantu pernikahan di Solo.

Rapat tersebut digelar di Ndalem Wuryoningratan yang satu komplek dengan House of Danar Hadi. Pantauan Liputan6.com, Minggu (4/12/2022), Presiden Jokowi tiba lokasi sekitar pukul 09.45 WIB dengan mengendarai Alphard. Mantan Wali Kota Solo itu tampak duduk di kursi depan sambil memangku Jan Ethes Srinarendra.

Sebelumnya sejumlah pejabat tinggi pemerintahan dan negara tampak lebih dulu hadir di Ndalem Wuryoningtaran. Adapun sejumlah pejabat itu di antaranya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjiatan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan lainnya.

Sedangkan Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka tampak datang terlambat ke Ndalem Wuryoningratan sekitar pukul 10.30 WIB.

Rapat tersebut digelar secara tertutup. Sejumlah petugas keamanan dari paspampres, TNI dan Polri tampak berjaga ketat di sekitar lokasi pertemuan.

Seperti diketahui prosesi ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina bakal digelar di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung pada Minggu, 11 Desember 2022, mendatang.

Usai prosesi ngunduh mantu, kedua mempelai bakal dikirab dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran. Di istana kadipaten tersebut, akan dilakukam prosesi tasyakuran atau resepsi pernikahan yang bakal dihadiri ribuan tamu undangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Polisi Jamin Lalin Lancar

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono segera melepas status lajang pada 10 Desember 2022 mendatang. Resepsi dan acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu akan dilaksanakan pada keesokan harinya, 11 Desember 2022.

Kepolisian Daerah Jawa Tengah pun menjamin lalu lintas di Kota Solo tetap lancar. Pihaknya telah menyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas dan menyiagakan tim urai pada resepsi nanti.

"Kami menjamin pada seluruh rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang-Erina, kelancaran arus di kota Surakarta tetap terjaga," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy, usai mendampingi Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, dalam rapat Anev pengamanan, di Mapolresta Surakarta, seperti dilansir dari Antara, Minggu (4/12/2022).

Menurut dia, tim urai lalu lintas akan disiagakan di lima wilayah polsek yang ada di Polres Kota Surakarta.

Tim urai tersebut akan terhubung dengan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta yang akan menginformasikan titik-titik kemacetan yang membutuhkan pengaturan lalu lintas.

"Tim ini akan memantau perkembangan informasi dan siap membantu mengarahkan pengguna jalan bila terjadi crowded sehingga tidak menimbulkan kemacetan serius di jalan raya," kata Iqbal.

Menurut Iqbal, kepolisian pada saat rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang-Erina nanti, menerapkan rekayasa lalu lintas terutama pada pelaksanaan kirab yang akan mengambil start di Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Pura Mangkunegaran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS