Sukses

Lapas Bogor Sukses Ujicoba Keran Air Layak Minum, Komisi III: Pemenuhan Hak Dasar dari Balik Penjara

Liputan6.com, Jakarta - Lapas Kelas II A Bogor meresmikan instalasi air bersih layak minum untuk dikonsumsi warga binaan pemasyarakatan dan petugas lapas, Senin (28/11/2022).

Pengadaan mesin dan instalasi air bersih layak minum ini merupakan kerjasama Lapas Kelas II A Bogor dengan PT Beliver Karya Indonesia. Nantinya para penghuni Lapas bisa meminum air melalui keran yang tersedia di kamar.

Uji coba di Lapas Kelas II A Bogor ini mendapat dukungan penuh dari Pimpinan Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni. Politikus NasDem ini mengatakan bahwa inovasi tersebut dapat menyelesaikan permasalahan yang selama ini sering terjadi.

“Ketersediaan air layak konsumsi ini seringkali menjadi persoalan di Lapas. Saya kira inovasi ini harus didukung dan diterapkan di Lapas-lapas lainnya dengan segera jika terbukti berhasil. Jadi mohon Ditjen Pemasyarakatan memberi perhatian dan dukungan khusus,” ujar Sahroni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kebutuhan Dasar

Sahroni juga mengatakan bahwa air layak konsumsi merupakan kebutuhan dasar yang tidak bisa dikompromi. Dirinya meminta Lapas juga dijadikan tempat yang layak agar para napi dapat dibina dengan baik.

“Air ini kan merupakan kebutuhan dasar kita sebagai manusia. Dan dalam konteks Lapas, ini merupakan hal yang wajib dipenuhi. Karena saya rasa Lapas akan menjadi tempat yang tidak manusiawi jika untuk mendapatkan air saja sulit,” pungkas Sahroni.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS