Sukses

Pasca Gempa Cianjur, Telkom Salurkan Bantuan Senilai Rp1 Miliar dan Percepat Pemulihan Layanan

Liputan6.com, Jakarta Dukungan bagi masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Cianjur beberapa waktu lalu terus berdatangan. Salah satunya dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyerahkan bantuan telekomunikasi dengan total nilai Rp1 miliar.

Bantuan Telkom terdiri dari dukungan sarana komunikasi pada posko dan sarana publik serta kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pasca gempa. Hal ini merupakan wujud nyata kontribusi Telkom sebagai perusahaan digital telco terdepan yang hadir untuk masyarakat. 

Sampai saat ini, Telkom telah menyalurkan dukungan sarana komunikasi pada 27 titik lokasi posko tanggap bencana sehingga dapat bermanfaat dalam kelancaran komunikasi saat proses evakuasi dan penyaluran bantuan bagi korban terdampak. Bantuan diserahkan ke berbagai rumah sakit, puskesmas, posko pengungsian, posko PMI, posko BNPB, posko Kominfo, Basarnas hingga posko berbagai BUMN di kawasan Cianjur.  

Di sisi lain, bantuan komunikasi yang disalurkan terdiri dari 12 IndiHome, 11 Wifi Managed Service, 3 unit Orbit, 2 internet satelit Starlink, 4 unit telepon satelit, dan 2 unit mobile cognitive radio base station. Layanan internet tersebut tidak hanya dimanfaatkan untuk kegiatan operasional petugas posko, namun dapat digunakan juga oleh para pengungsi dan pelanggan yang  terdampak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Telkom Berupaya Percepat Pemulihan Layanan

Selain penyerahan bantuan, Telkom senantiasa berupaya mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya melalui perbaikan infrastruktur yang terdampak. Adapun perbaikan infrastruktur telekomunikasi yang dilakukan oleh Telkom mencakup perbaikan menara base transceiver station (BTS) dan jaringan fiber optik.

Kabar baiknya, Telkom telah berhasil melakukan perbaikan infrastruktur dan layanan telekomunikasi termasuk pada area yang sebelumnya terkendala oleh longsor di daerah Cugenang, Kabupaten Cianjur. Tak hanya itu, Telkom juga memastikan bahwa terdapat kompensasi bagi pelanggan yang layanannya  terdampak pasca gempa. 

Executive Vice President Telkom Regional III Jawa Barat Syaifudin menyampaikan bahwa kompensasi yang akan diberikan kepada pelanggan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Bagi pelanggan IndiHome dan Bisnis yang terdampak, kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan,” kata Syaifudin.

Pihak Telkom juga menyampaikan bantuan komunikasi tersebut akan terus disalurkan secara bertahap sesuai kebutuhan dan bisa bertambah lagi seiring dengan proses recovery pasca bencana gempa.

3 dari 3 halaman

STO Sukaresmi Jadi Posko Penampungan Sementara

Sebelumnya, Telkom telah menyalurkan 1000 paket sembako dan juga menjadikan kantor Datel Cianjur dan STO Sukaresmi sebagai posko penampungan sementara sekaligus untuk menyalurkan bantuan kepada 21 desa, 52 kampung, dan 4.100 jiwa yang terdampak.

Telkom secara kontinyu memberikan bantuan kepada masyarakat yang berada di Cianjur dan sekitarnya, baik itu berupa ambulans, makanan siap saji, air mineral, bahan pokok, selimut, obat-obatan, P3K, peralatan sanitasi, peralatan tidur, hingga bantuan psikologis berupa trauma healing bagi korban.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS