Sukses

Kamboja Tertarik Tiru Layanan Antar Jemput Izin Bermotor Milik Pemprov DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima kunjungan kerja Kementerian Dalam Negeri Pemerintahan Kerajaan Kamboja (Ministry of Interior, The Kingdom of Cambodia), Transparency International Cambodia, dan ActionAid Cambodia ke Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menjadi pihak yang menyambut kedatangan Pemerintahan Kerajaan Kamboja pada Sabtu (26/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra menunjukkan berbagai inovasi layanan publik yang diterapkan di Jakarta. Seperti layanan perizinan dan nonperizinan, hingga aktifitas layanan konsultasi atau penyuluhan.

Di antaranya layanan pendidikan, haji, umroh, dan pelayanan urusan agama Islam, sampai dengan pelayanan kementerian maupun lembaga, BUMN, serta BUMD.

Benni berharap tukar pengalaman yang diberikan oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi penyelenggaraan pelayanan publik di Kamboja.

"Semoga pengalaman yang kami bagikan dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi pemerintahan Kerajaan Kamboja dalam penyelenggaraan pelayanan publik di negaranya," ujar Benni dalam keterangan resminya. 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kamboja: Layanan AJIB Sangat Menginspirasi

Lebih lanjut Benni menyebut melalui kunjungan kerja ini diharapkan kedua negara dapat terus menjalin hubungan kerja sama bilateral dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat.

Sementara itu, Direktur Jenderal Administrasi, Pemerintah Kerajaan Kamboja, Prak Sam Oeun, tertarik dengan konsep pelayanan terpadu satu pintu yang diterapkan Pemprov DKI.

Salah satu yang menjadi perhatiannya yaitu inovasi layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB). Menurut dia layanan AJIB sangat praktis dan memudahkan masyarakat dalam mengajukan perizinan sampai selesai diterbitkan.

"Saya sangat terkesan melihat berbagai inovasi layanan yang dihadirkan di sini. Pelayanan masyarakat seperti perizinan/nonperizinan kewenangan pemerintah daerah, pengurusan pajak, paspor, pelayanan SIM, STNK, pelayanan investasi, terlebih pelayanan AJIB ini sangat menginspirasi saya," kata Prak.

Prak Sam Oeun menyatakan akan berdiskusi lebih lanjut bersama jajarannya terkait pelayanan publik di Jakarta, khususnya pelayanan AJIB.

Ke depan, dia ingin Kamboja dapat menjajaki kerja sama lebih lanjut dengan Pemprov DKI Jakarta, khususnya dalam pengembangan inovasi layanan penyelenggaraan pelayanan publik dan transformasi digital.

3 dari 3 halaman

Saat Heru Budi Sidak ke Kantor Camat dan Lurah

Di sisi lain, Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Kantor Kecamatan Tebet dan Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022).

Sidak dilakukan Heru untuk memastikan pelayanan publik yang diberikan para petugas aparatur pemerintah di tingkat kelurahan dan kecamatan kepada warga dilaksanakan dengan baik dan profesional, sesuai aturan yang berlaku.

Saat meninjau lokasi pertama yaitu di Kantor Camat Tebet, Heru berdialog dengan petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta mengecek penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Tebet.

Sementara itu, di Kantor Lurah Petogogan Heru meninjau pekerjaan penyediaan hidran mandiri untuk antisipasi bencana kebakaran di lingkungan sekitar.

Dia juga meninjau Posko Siaga Satgas Bencana dan PPKM Mikro, dan PTSP Kelurahan Petogogan. Serupa dengan sidaknya di Kantor Camat Tebet, Heru mengapresiasi sikap responsif aparatur Kelurahan Petogogan dalam memberikan pelayanan publik kepada warga sekitar.

"Tadi pelayanan di sini juga Bu Lurah Petogogan menjelaskan memang lingkungannya sering banjir, tapi yang penting responsif untuk bisa melayanani warga," kata Heru dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (25/11/2022).

Pada kesempatan itu sidaknya itu, Heru turut mengimbau, para ASN Pemprov DKI Jakarta agar terus berupaya meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan publik.

Caranya, kata Heru dengan membuat beberapa pembaharuan atau inovasi dalam hal memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS