Sukses

BMKG: Gempa Susulan di Cianjur Melemah, Pertanda Kondisi Tak Lama Lagi Akan Aman

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyatakan gempa susulan di Cianjur semakin melemah dan frekuensinya berkurang. Menurutnya, hal tersebut menandakan kondisi akan kembali aman.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyatakan gempa susulan di Cianjur semakin melemah dan frekuensinya berkurang. Menurutnya, hal tersebut menandakan kondisi akan kembali aman.

"Jadi memang tren terjadi peluruhan itu sudah nyata. Dan ini menjadi pertanda bahwa tidak lama lagi kondisi akan aman kembali," ujar Daryono di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (22/11/2022).

BMKG mencatat terjadi 130 kali gempa susulan hingga pukul 12.00 WIB siang ini. "Kita sudah mencatat 130 kali gempa susulan. Yang terbesar susulannya M4,2 dan yang terkecil M1,2," ungkapnya.

Melihat tren penurunan frekuensi dan kekuatan gempa susulan yang terjadi terus melemah, hal itu membuat BMKG menjadi lebih tenang.

"Kita cukup tenang karena terjadi fluktuasi data, mesikpun trennya semakin mengecil. Jadi ini adalah besaran magnitudo yang kami plot menjadi diagram, dan ini tampaknya ada tren aktivitas magnitudo nya semakin melemah," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Frekuensi

Menurut Daryono, pada enam jam pertama tercatat terjadi 62 gempa, kemudian enam jam kedua gempa kedua terjadi 39 gempa, dan enam jam ketiga 17, terakhir enam jam terakhir 4 gempa.

"Ini lebih menarik lagi, kalau tadi kekuatannya. Ini adalah frekuensinya. Kami kumpulkan setiap 6 jam. Nah ternyata, 6 jam pertama itu gempa nya banyak sekali 62 gempa. Kemudian 6 jam kedua 39, 6 jam ketiga itu 17, 6 jam terakhir itu 4," pungkas Daryono.

3 dari 3 halaman

Korban

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, sebanyak 14 posko pengungsian didirikan untuk memfasilitasi warga berjumlah 13.784 pengungsi yang terdampak gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo, Senin 21 November 2022.

Sejauh ini, dia mencatat ada sebanyak 162 orang korban meninggal dunia akibat gempa. Mayoritas korban itu, menurutnya merupakan anak-anak yang sedang dalam proses belajar mengajar di madrasah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • Daryono