Sukses

Heru Budi, Menhub hingga Moeldoko Ikut Konvoi Motor Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengikuti konvoi motor listrik dari Pendopo Gedung Balai Kota hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu pagi (20/11/2022).

Dia menunggangi motor listrik Vespa warna biru bersama Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia Moeldoko.

Bersama dengan sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta, Heru hingga Moeldoko meluncur dari halaman Pendopo Balai Kota DKI Jakarta menuju kawasan Bundaran HI sekitar pukul 06.45 WIB. Ada sekitar 93 kendaraan yang ikut dalam acara Electric Vehicle "The Future of Indonesian Transportation" ini.

Konvoi ini memeriahkan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Demikian dilansir dari beritajakarta.go.id.

Sampai di Bundaran HI, tepatnya di samping Hotel Mandarin Oriental, Heru bersama sejumlah pejabat negara dan peserta konvoi melakukan kunjungan booth showcase, Bengkel Konversi, Edu Infrastruktur dan mengikuti foto tiga dimensi (3D). Selanjutnya Heru akan mengisi mini talk show terkait kendaraan berlistrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tak Terkena Ganjil Genap

Heru Budi Hartono menyampaikan, penggunaan kendaraan berbasis listrik banyak memberikan manfaat. Manfaat tersebut seperti, mengurangi polusi udara, polusi suara, sampah oli, dan yang lainnya.

"Kendaraan listrik juga diberikan kebebasan tidak terkena sistem Ganjil Genap," ujar Heru usai mengikuti talk show bertajuk Electric Vehicle "The Future of Indonesian Transportation" di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (20/11/2022).

Dia mengatakan, Jakarta menjadi role model program penggunaan kendaraan listrik yang sudah berjalan selama dua tahun ini. Konversi pergantian mobil bahan bakar menjadi mobil listrik telah diterapkan mulai dari kendaraan umum seperti Transjakarta bahkan kendaraan dinas.

"Kendaraan listrik di Jakarta kami lakukan bertahap. Kendaraan umum dan mobil dinas sudah banyak yang kita konversi menggunakan energi listrik," ucap dia.

Menurut Heru, untuk mendukung dan mempromosikan program ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menggandeng Menteri ESDM, Menteri Perhubungan, Korlantas Polri, hingga PT PLN.

"Kami akan terus sosialisasikan penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat," tandas Heru Budi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS