Sukses

Aksi Gemas Jan Ethes Saat Ikut Eyang Jokowi Salat di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Tampak tingkah menggemaskan Jan Ethes yang ikut sang eyang salat di masjid tersebut. Jan juga terlihat gembira dengan mengikuti gerak langkah sang eyang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisi giat akhir pekannya hari ini di Solo, Jawa Tengah. Presiden belom bertolak ke Jakarta, usai menghadiri langsung Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 kemarin.

Mengutip berita foto dari Biro Pers Sekretariat Presiden, tampak presiden dan ibu negara mengajak serta cucu pertamanya Jan Ethes berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed.

Diketahui, masjid itu baru saja diresmikan oleh Jokowi sebelum perhelatan KTT G20 bersama Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

“Presiden hadir sekitar pukul 09.00 WIB untuk melaksanakan Salat Duha,” tulis siaran pers Sekretariat Presiden, Minggu (20/11/2022).

Melihat dokumentasi foto, tampak tingkah menggemaskan Jan Ethes yang ikut sang eyang salat di masjid tersebut. Jan juga terlihat gembira dengan mengikuti gerak langkah sang eyang.

Usai salat, eyang dari Jan juga menyapa warga sekitar. Tidak lupa, kaos hitam bergambar wajah presiden dibagi-bagikan kepada masyarakat sebelum masuk ke mobil dan kembali.

Sebagai informasi, Masjid Raya Sheikh Zayed dibangun di atas lahan seluas 3 hektare dengan kapasitas sekitar 10 ribu jemaah dan diresmikan pada Senin 14 November 2022 pagi.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Adib, mengatakan bahwa Masjid Raya Sheikh Zayed ini merupakan miniatur dari Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, UEA.

"Ini adalah merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo," kata Adib dikutip dari siaran pers, Senin 14 November 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikelola Badan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Menurut dia, masjid tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang dibentuk oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Agama.

Adib pun berharap Masjid Raya Sheikh Zayed ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar Kota Surakarta, Jawa Tengah, bahkan seluruh Indonesia.

"Mari kita bersama-sama memakmurkan masjid dan keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini akan menjadi ikon baru di Solo khususnya, tidak hanya sebagai pusat syiar agama, tetapi juga menjadi pusat destinasi wisata religi baru di Solo khususnya dan di Jawa Tengah pada umumnya," jelas Adib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.