Sukses

Dinkes DKI: Ada Layanan Konsultasi di 23 Puskesmas, Terima Keluh Kesah hingga Curhat

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan terdapat 23 Puskesmas di Ibu Kota yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan konsultasi. Puskesmas ini menerima keluh kesah hingga curahan hati (curhat) warga yang berkonsultasi.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkapkan terdapat 23 Puskesmas di Ibu Kota yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan konsultasi. Puskesmas ini menerima keluh kesah hingga curahan hati (curhat) warga yang berkonsultasi.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama, mengatakan layanan psikolog ini sudah ada sejak 2018 silam.

Pada 2018 layanan psikolog hanya tersedia di tujuh puskesmas di Jakarta. Layanan itu, kata dia terus berkembang hingga saat ini total ada di sebanyak 23 puskesmas di Jakarta.

"Sudah ada sejak lama sebentar saya tanya Mei 2018 mulai ada layanan psikolog di tujuh puskesmas Jakarta dan terus berkembang sampai dengan sekarang," kata Ngabila kepada Liputan6.com, Sabtu (19/11/2022).

Ngabila menyebut masyarakat dapat mengakses layanan konsultasi dengan menggunakan BPJS. Bagi non BPJS, puskesmas membebankan biaya sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 143/2018 tentang Tarif Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat.

Pada draft Pergub Nomor 143/2018 tentang Tarif Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat itu, biaya konsultasi psikologi klinis dikenai tarif Rp30.000.

"Bisa dengan BPJS atau non BPJS sesuai tarif Pergub," kata Ngabila.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lokasi

Adapun lokasi dan jadwal pelayanan tersebar di lima wilayah kota administrasi. Di Jakarta Pusat, lokasi layanan ada di Puskesmas Johar Baru Tanah Abang (Poli Kirana) Gambir, SenenSawah Besar, Menteng dan Kemayoran.

Pada Kota Jakarta Barat, layanan psikolog ada di Puskesmas Taman Sari (Poli Psikolog dan Poli Jiwa), Kembangan (Poli Jiwa),Palmerah Senin-Jumat (Poli Jiwa), Palmerah Senin-Kamis (Poli Psikologi).

Kemudian, Jakarta Utara layanan bisa diperoleh di Puskesmas Cilincing pada Senin-Jumat.

Sementara di Jakarta Selatan, masyarakat dapat mendapatkan layanan psikolog di Puskesmas Mampang Prapatan (Poli Jiwa) Pancoran (Poli Psikologi).

Ada pula di Puskesmas Tebet yang buka pada Senin, Rabu, Jumat (Poli Psikologi), kemudian ada di Puskesmas Kebayoran Baru (Poli Sakuraku), Cilandak (Poli Psikolog), Kebayoran Lama (Poli Cempaka), dan Setiabudi (Poli Psikolog)

Terakhir, ada di Jakarta Timur terdapat di Puskesmas Matraman (Poli Psikolog), Duren Sawit Ciracas (Poli Jiwa dan Poli Psikologi), Kramat Jati (Poli Psikologi dan Poli Jiwa), dan Cipayung (Poli Psikolog).

3 dari 3 halaman

Buka Senin-Jumat

Rata-rata layanan buka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB.

Pendaftaran dapat dilakukan on the spot atau dapat dilakuan via WhatApps rumah sakit bersangkutan. Info dapat dilihat pada akun Instagram @dinkesdki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.