Sukses

Masuk Top of Mind Capres, Elektabilitas Airlangga Hartarto Meningkat

Diagram Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya, terkait elektabilitas calon presiden 2024. Hasilnya, terdapat lonjakan terhadap suara responden terhadap Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta - Diagram Politik Indonesia merilis hasil survei terbarunya, terkait elektabilitas calon presiden 2024. Hasilnya, terdapat lonjakan terhadap suara responden terhadap Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, meskipun dalam urutan tiga besar nama Anies, Ganjar dan Prabowo masih mendominasi.

Airlangga masuk dalam Top of mind calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 dengan suara responden 4,2% sedangkan pada urutan pertama yaitu Anies Baswedan 25,5%, Prabowo Subianto 22,8%, Ganjar Pranowo 19,9% dan keempat adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 6,8%,” kata Direktur Eksekutif Diagram Politik Indonesia Nastain Muhamad dalam keterangan pers diterima, Jumat (4/11/2022).

Nastain menambahkan, pergerakan elektabilitas Airlangga juga meningkat pada simulasi 10 nama calon presiden. Skornya 6,2 persen. Pada urutan pertama yaitu Anies Baswedan 26,5%, Prabowo Subianto 23%, Ganjar Pranowo 21,3,%, dan Agus Harimurti Yudhoyono 5,5%, sisanya di bawah 4%," terang Nastain.

Hasil simulasi 10 nama membuat Airlangga berhasil menyalip AHY, meski penurut penilain Nastain, Airlangga tidak banyak melakukan manuver dan sosialisasi, seperti pemasangan alat peraga kampanye.

Namun, nama Airlangga sebagai menteri dinilai lebih mampu mendongkrak elektabilitas ketimbang AHY, meski keduanya sama-sama ketua partai politik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisi Menteri Tingkatkan Elektabilitas

Nastain menambahkan, posisi menteri Airlangga adalah potensi besar untuk terus meningkatkan elektabilitas. Sehingga bukan tidak mungkin Airlangga bisa masuk menjadi calon presiden dari Partai Golkar di Pemilu 2024.

"Kerja-kerja politik yang dilakukan secara masif akan sangat berdampak pada kenaikan elektabilitas Airlangga," Nastain menandasi.

3 dari 3 halaman

Metode Survei

Sebagai informasi, survei Diagram Politik Indonesia berskala nasional dengan mengambil sampel secara proporsional di 34 provinsi dengan total 1.200 responden.

Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden yang dipilih menggunakan multistage random sampling (metode acak bertingkat). Margin of error survei ini kurang lebih sebesar 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 93 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.