Sukses

Sekjen Liga Muslim Dunia: R20 Wujud Usaha Nyata Perdamaian Dunia

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Mohammed Al-Issa menyampaikan pidato pembukanya dalam Forum Religion Twenty (R20).

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Mohammed Al-Issa menyampaikan pidato pembukanya dalam Forum Religion Twenty (R20).

Menurut dia, begitu banyak masalah di dunia ini yang dilatari agama. Oleh karena itu, sudah sepatutnya sebagai umat beragama untuk bersatu membangun perdamaian dunia.

“Tugas kita membangun, mewujudkan perdamaian di antara semua kalangan,” katanya Syekh Al-Issa di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (2/11/2022).

Dia meyakini, Forum Agama G20 (R20) sangat penting untuk mewujudkan gagasan perdamaian secara nyata. Sebab akan banyak dialog keagamaan yang ada dalam tataran konsep.

“Dari Bali-lah, akan ada aksi nyata mewujudkan perdamaian antarpemeluk agama,” kata tokoh Muslim Arab Saudi yang mendapatkan gelar doktor kehormatan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur ini.

Syekh Al-Issa menambahkan, ada banyak persoalan global yang muncul dewasa ini. Dia berharap, Forum R20 sebagai upaya untuk dapat menghadirkan solusi atas persoalan tersebut dapat memetakan hal-hal apa saja yang menjadi ketidakpahaman dan silang pendapat di dalamnya.

“Forum ini forum puncak dari berbagai agama. Bagian dari aksi nyata,” optimis Syekh Al-Issa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Harmonisasi

Syekh Al-Issa menjelaskan, Forum R20 mengusung semangat harmonisasi antar agama agar saling menghargai, tidak saling mereduksi, serta mendorong upaya ini terjadinya dialog yang dapat mengkristalisasi upaya perdamaian dunia.

“Forum R20 akan terdapat konsep kemanusiaan yang mendalam dan bijaksana, kemanusiaan yang membangun hubungan yang diperlukan antara semua untuk kebaikan semua untuk membangun dialog antar agama, budaya, dan peradaban,” kata dia.

Diketahui Forum R20 dihelat di Bali, 2-3 November 2022 dan akan dihadiri lebih dari 400 undangan dari dalam dan luar negeri.

Mereka adalah para pemimpin agama, sekte, dan aliran kepercayaan dari berbagai negara dengan jutaan pengikut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.