Sukses

Top 3 News: KPK Ultimatum Anak dan Istri Lukas Enembe Tak Jadi Provokator

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait mangkirnya anak Gubernur Papua Lukas Enembe, Astract Bona Timoramo dan Yulce Wenda, istri Lukas Enembe dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemanggilan kepada anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe itu sejatinya dilakukan pada Rabu 5 Oktober 2022 di Gedung KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek infrastruktur di Provinsi Papua yang menjerat Lukas sebagai tersangka.

Plt Jubir KPK Ali Fikri pun meminta kepada semua pihak yang dipanggil sebagai saksi maupun tersangka kooperatif terhadap proses hukum. Dia juga mengingatkan adanya sanksi pidana kepada pihak yang memprovokasi saksi tak memenuhi undangan penyidik.

Kemudian, kejadian pilu insiden MTSN 19 Jakarta, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan terjadi pada Kamis 6 Oktober 2022. Tembok sekolah yang tiba-tiba roboh menimpa siswa hingga menewaskan tiga orang.

Camat Cilandak Djaharuddin menerangkan, ketiga orang korban diduga sedang bermain di tengah hujan deras. Saat insiden terjadi masih berjalan proses belajar-mengajar.

Djaharuddin mengatakan, tembok pembatas sekolah tiba-tiba saja roboh. Dugaan sementara, akibat tergerus banjir dan dipastikan seluruh korbannya merupakan pelajar.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal Rizky Billar yang juga mangkir dari panggilan. Namun, suami penyanyi dangdut Lesti Kejora itu mangkir dari panggilan polisi Polres Metro Jaksel pada Kamis 6 Oktober 2022 usai dilaporkan sang istri atas kasus dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Ketidakhadiran Rizky Billar dikonfirmasi oleh Penasihat Hukumnya yaitu Adek Erfil Manurung. Dia bersama rekan-rekan bertandang ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Erfil menerangkan, kliennya meminta penyidik mengagendakan ulang pemeriksaan. Erfil memastikan kliennya akan bersikap kooperatif menjalani proses hukum.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 6 Okotober 2022:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

1. Anak Istri Lukas Enembe Mangkir, KPK Ingatkan Jangan Jadi Provokator

Astract Bona Timoramo, anak Gubernur Papua Lukas Enembe dan Yulce Wenda, istri Lukas Enembe mangkir panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bona dan Yulce sejatinya diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek infrastruktur di Provinsi Papua yang menjerat Lukas sebagai tersangka. Pemeriksaan sejatinya dilakukan di Gedung KPK, Rabu 5 Oktober 2022.

"Informasi yang kami terima, para saksi tersebut tidak hadir tanpa ada konfirmasi apa pun pada tim penyidik," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis 6 Oktober 2022

Ali meminta kepada semua pihak yang dipanggil sebagai saksi maupun tersangka kooperatif terhadap proses hukum. Ali juga mengingatkan adanya sanksi pidana kepada pihak yang memprovokasi saksi tak memenuhi undangan penyidik.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kronologi Robohnya Tembok MTSN 19 Jakarta hingga 3 Siswa Tewas

Tiga siswa tewas akibat tertimpa material tembok yang roboh di MTSN 19 Jakarta, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Tembok roboh itu terjadi pada Kamis 6 Oktober 2022.

Camat Cilandak Djaharuddin menerangkan, ketiga orang korban diduga sedang bermain di tengah hujan deras. Saat insiden terjadi masih berjalan proses belajar-mengajar.

"Masih jam sekolah, persiapan mau pulang menunggu jemputan atau apa itu anak-anak lagi bermain saat hujan," ujar dia saat dihubungi, Kamis.

Djaharuddin mengatakan, tembok pembatas sekolah tiba-tiba saja roboh. Dugaan sementara, akibat tergerus banjir.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Rizky Billar Mangkir dari Panggilan Polisi

Rizky Billar tak memenuhi panggilan sebagai saksi terlapor dalam kasus dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Sedianya, pemeriksaan akan dilakukan di Polres Metro Jaksel hari ini, Kamis 6 Oktober 2022.

Ketidakhadiran Rizky Billar dikonfirmasi oleh Penasihat Hukumnya, Adek Erfil Manurung. Dia bersama rekan-rekan bertandang ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Erfil menerangkan, hendak menemui penyidik untuk menyerahkan sepucuk surat berisi ketidakhadiran kliennya pada pemeriksaan hari ini.

"Kita mewakili Rizky Billar untuk menyampaikan surat penundaan pemeriksaan setelah dari dalam nanti kita sampaikan," kata Erfil di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis 6 Oktober 2022.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.