Sukses

Kunjungan ke Maluku, Jokowi akan Terima Anugerah Gelar Adat Kesultanan Ternate

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan mengunjungi Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kota Tidore Kepulauan dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku, Rabu (28/9/2022). Jokowi akan mengawali kegiatannya di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate.

"Yang pertama adalah menghadiri penganugerahan gelar adat Kesultanan Ternate, di sana nanti Bapak Presiden diberikan gelar kesultanan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dikutip dari siaran pers, Rabu.

Selanjutnya, Jokowi diagendakan untuk menuju Pasar Bahari Berkesan dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate. Di sana, dia dijadwalkan untuk menyerahkan bantuan sosial sekaligus mengecek penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada para penerima manfaat.

"Tentunya Bapak Presiden akan memberikan bantuan BLT dan berdiskusi apa yang harus disampaikan dari masyarakat kepada Bapak Presiden," ujar Heru.

Setelah itu, Jokowi akan menuju Bandara Sultan Babullah Ternate untuk kemudian lepas landas ke Kabupaten Halmahera Barat. Setibanya di sana, Jokowi akan bertemu masyarakat di Kantor Pos Jailolo dan Pasar Rakyat Jailolo.

"Beliau juga mendatangi kantor pos setempat yaitu Kantor Pos Jailolo di mana memastikan juga bantuan-bantuan sudah sampai ke masyarakat dan tentunya menyapa kembali di Pasar Halmahera Barat, Pasar Jailolo," jelas Heru.

Dia menuturkan Jokowi akan lepas landas ke Kota Tidore Kepulauan. Jokowi akan langsung menuju ke Pasar Galala dan Kantor Pos Desa Guraping untuk melaksanakan hal serupa.

"Setelah itu masih ada waktu, beliau akan menuju ke Sofifi, Tidore, di mana akan ada kegiatan juga yaitu ke Pasar Galala dan kantor pos, titik terakhir ke UKM Mart," tutur Heru.

Setelah seluruh agenda kegiatan di Provinsi Maluku Utara selesai, Jokowi beserta rombongan terbatas akan menuju Helipad Kompi Khusus, Kota Tidore Kepulauan untuk lepas landas ke Kota Ternate.

Setibanya di Bandara Sultan Babullah Ternate, Presiden beserta rombongan akan lepas landas untuk kembali ke Jakarta.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton

Sebelumnya, Jokowi dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara, dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara. Penganugerahan ini digelar di Baruga Keraton Kesultanan Buton Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9/2022).

Dalam penganugerahan gelar tersebut, Jokowi tampak mengenakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam. Sebelum disematkan peci dan tongkat, perwakilan Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal menjelaskan makna gelar tersebut.

"Gelar tersebut bermakna seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia, rendah hati, sopan santun, arif dan bijaksana, jujur dan adil, bertanggungjawab, memberi teladan dan panutan, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia)," kata La Ode Muhamad Arsal, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.