Sukses

Heru Budi Soal Kesiapan Gantikan Anies di DKI: Hari Esok Penuh Misteri

Heru menilai dua kandidat atau calon lain yang diusulkan banyak yang lebih darinya untuk mengisi posisi Pj Gubernur.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono menjadi calon Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Nama Heru menjadi satu dari tiga nama yang  diusulkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta pada Selasa, 13 September 2022 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Heru tidak ingin berkomentar banyak. Menurut Heru, keputusan pemilihan Pj Gubernur satu hal yang masih misteri.  

"Jawabannya hari esok penuh misteri. Kalau misteri enggak perlu dijawab," kata Heru kepada wartawan, Jumat (23/9/2022). 

Lebih lanjut, Heru mengatakan, banyak kandidat yang lebih baik daripada dirinya. 

"Saya pernah merangkap juga (jadi) Wali Kota Jakarta Utara, merangkap Biro KDH. Nanti, itu kan masih lama, satu bulan. Bisa delegasikan. Memang ke saya? Kan banyak kandidat yang lebih bagus bagus," tambah Heru. 

Disebut sebagai kandidat terkuat, Heru pun merespons dengan guyonan.

"Orang saya ngangkat 50 kilo aja enggak kuat," canda Heru.

Sebagai informasi, masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria sebagai kepala dan wakil kepala daerah akan berakhir pada 16 Oktober mendatang. 

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pun telah mengirimkan tiga nama usulan Penjabat (Pj) gubernur pengganti Anies Baswedan pada Rabu (14/9). Pras menyerahkan tiga nama tersebut kepada Sekterasi Jenderal Kemendagri Suhajar Diantoro.

Nantinya, nama usulan akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo dan dirapatkan untuk menentukan siapa Pj gubernur yang dipilih dari usulan tersebut. 

"Kita ajukan ke Pak Presiden, Pak Presiden akan lakukan sidang Tim Penilai Akhir (TPA), yang nanti tentu berkembang apapun keputusannya," kata Mendagri Tito Karnavian saat rapat kerja dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 31 Agustus 2022 lalu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Calon dari Kemendagri?

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Benny Irwan, mengatakan, ada kemungkinan tiga nama usulan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta dari Kemendagri sama dengan nama-nama yang diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Hal tersebut dapat terjadi karena ketiga orang itu sudah mewakili tiga lembaga.

DPRD DKI Jakarta sebelumnya mengumumkan tiga nama calon Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan yang akan diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa, (13/9/2022). Ketiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta itu adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

"Bisa saja ada kemungkinan-kemungkinan, bisa saja nanti sama. Karena yang Bahtiar orang Kemendagri. Yang Sekda, sudah dari pemerintah daerah. Heru juga dari kementrian dan lembaga. Kalau tidak ada yang lain ya tiga itu saja diproses lebih lanjut,” kata Benny kepada wartawan, Jumat (16/9).

Menurut Benny, keterwakilan setiap lembaga menjadi penting karena usulan nama dari Kemendagri dihimpun dari masukan dan saran kementerian dan lembaga serta Kemendagri sendiri.

“Kemendagri itu akan menyampaikan usulan berdasarkan masukan dan saran dari, satu, kementrian dan lembaga. Dua, Kemendagri sendiri. Karena usulan juga bisa disampaikan DPRD dan Kemendagri yang berasal dari Kemendagri sendiri atau masukan kementrian dan lembaga,” jelas Benny.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.