Sukses

Tiba di Rumah Duka, Jenazah Azyumardi Azra Disambut Bacaan Alfatihah

Jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka. Pada Selasa 20 September 2022 besok, jenazah Azyumardi Azra akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah menempuh perjalanan dari Bandara Soekarno - Hatta, jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra tiba di rumah duka di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat, Tangsel, Banten. Jenazah dan rombongan tiba di lokasi pada Senin (19/9/2022) pukul 23.53 WIB.

Iring-iringan ambulans dikawal khusus dari personel TNI dan Polri. Selain itu, ada sekitar 10 mobil dalam iring-iringan tersebut.

Di rumah duka, sudah dipenuhi oleh para pelayat. Di antaranya hadir Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Setibanya di rumah duka, jenazah Azyumardi Azra diturunkan dari mobil. Jenazah disambut pelayat dengan lantunan tahlil. Selain itu, pelayat juga membaca surat alfatihah sesaat peti jenazah diturunkan dari mobil.

Jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka. Pada Selasa 20 September 2022 besok, jenazah akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, pesawat yang membawa jenazah almarhum Azyumardi Azra tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Jenazah langsung diproses dari landasan ke Kargo Jenazah.

"Sudah tiba tadi pukul 22.20 Wib, sedang diproses pemindahan dari landasan atau turun pesawat ke kargo jenazah Azyumardi Azra," tutur Kasat Lantas Polres Bandara Soetta, Kompol Bambang Askar Sodiq, Senin malam, (19/9/2022).

Menurutnya, agar tak mengganggu lalu lintas penumpang lain, ada sejumlah skema yang dilakukan, seperti penggunaan akses apron timur.

"Kita gunakan akses apron timur agar tidak mengganggu arus lalu lintas penerbangan reguler," ujarnya.

Di lokasi hadir pihak keluarga dan juga Jusuf Kalla dengan mengenakan baju koko bewarna putih dan juga peci berwarna hitam. Selain itu, ada juga perwakilan dari Dewan Pers.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wafat di Malaysia

Profesor Azyumardi Azra wafat pada Minggu,18 September 2022, pukul 12.30 waktu setempat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Sebelum meninggal, Azyumardi sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Serdang, Selangor, setelah sesak nafas saat dalam penerbangan dari Jakarta menuju Kuala Lumpur pada Jumat 16 September 2022.

Dubes RI untuk Malaysia, Hermono, mengatakan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada periode 1998-2006 tersebut langsung mendapatkan perawatan di ICU dan belum dapat ditemui.

Azra menurut Hermono, akan dipindahkan ke rumah sakit di Kuala Lumpur, namun masih menunggu konfirmasi dari pihak rumah sakit yang akan menerima pasien.

“Menurut pihak rumah sakit beliau dirawat di ruang zona merah yang lazimnya digunakan untuk perawatan pasien terinfeksi COVID-19,” kata Hermono seperti dilansir Antara.

Tak berapa lama, Azra telah dipindahkan dari ruang zona merah di Departemen Trauma dan Gawat Darurat ke CCU rumah sakit tersebut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Beliau ditidurkan. Untuk kondisinya diharapkan lebih stabil," kata Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur Yoshi Iskandar seperti dilansir Antara.

Ia juga mengatakan saat ini masih menunggu keputusan tim dokter Rumah Sakit Serdang untuk kemungkinan Profesor Azyumardi Azra bisa dipindahkan ke rumah sakit di Kuala Lumpur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.